Hari Kedua GLK3 di MAN 2 Yogyakarta

 

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Giat Latih Kepemimpinan dan Keterampilan Kepramukaan (GLK3) untuk siswa kelas X memasuki hari kedua. Pelaksanaan GLK3 di hari kedua pada hari Selasa (30/03/2021) dilaksanakan secara offline di MAN 2 Yogyakarta bagi siswa perwakilan kelas dan calon dewan ambalan, selain siswa tersebut mengikuti secara online melalui zoom meeting dan channel youtube.

Kegiatan hari kedua dimulai dengan pembukaan oleh Kak Tugiman selaku KAMABIHAR, beliau memotivasi peserta agar tetap semangat dan selalu menjaga protokol kesehatan selama mengikuti kegiatan GLK3. Seusai pembukaan di lapangan lantai 3, dilanjut penyampaian materi tentang jamu khususnya jamu kunir asem oleh Kak Wibronto. Disampaikan juga manfaat jamu tradisional bagi kesehatan agar tetap terjaga di masa pandemi ini.

Setelah mendapat bekal teori tentang jamu dan cara pembuatan jamu, peserta menuju lapangan halaman belakang untuk praktek pembuatan jamu kunir asem secara langsung. Peserta terlihat bersemangat dalam praktek pembuatan jamu bersama kelompoknya, peserta terlihat terampil dalam menyiapkan peralatan dan bahan yang dibutuhkan hingga memasak jamu.

Peserta mengikuti agenda kegiatan selanjutnya yakni pembimbingan dalam pengisian buku SKU dan breafing untuk persiapan GLK3 hari ketiga. Peserta yang mengikuti kegiatan GLK3 di rumah mendapat tagihan untuk mengumpulkan video pembuatan jamu kunir asem dan menyetorkan hafalan surat pendek sesuai ketentuan. Kegiatan hari ini diharapkan dapat meningkatkan kemandirian dan kerjasama peserta dalam kehidupan sehari-hari. (zul)

Artikel yang Direkomendasikan