Belajar Sandi Hingga Upacara Penutupan GLK3 di MAN 2 Yogyakarta

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Rabu (31/03/21) merupakan hari terakhir pelaksanaan Giat Latih Kepemimpinan dan Keterampilan Kepramukaan (GLK3) untuk kelas X. Kegiatan yang berlangsung tiga hari sejak Senin (29/03/2021) ini merupakan kegiatan yang wajib ditempuh oleh siswa kelas X di MAN 2 Yogyakarta sebagai syarat ketuntasan kegiatan kepramukaan. Masa pandemi menjadi salah satu tantangan dalam pelaksanaan kegiatan ini secara langsung, sehingga dalam pelaksanaannya hanya perwakilan kelas dan Calon Dewan Ambalan (CDA) yang dapat mengikuti kegiatan secara langsung di madrasah. Siswa kelas X yang berada di rumah mengikuti kegiatan GLK3 melalui zoom meeting dan youtube channel.

Agenda kegiatan hari ini belajar tentang sandi dalam pramuka, adapun yang dipelajari adalah sandi morse, sandi kotak dan sandi semaphore. Siswa dibekali materi tentang sandi oleh pembina pramuka di GOR lantai 3 gedung baru. Kegiatan dilanjutkan dengan praktek persandian di lapangan belakang. Siswa mengikuti kegiatan praktek dengan penuh semangat dan antusias bersama rekan yang lain.

Kegiatan dilanjutkan dengan pendampingan pengisian SKU. Seusai kegiatan pengisian SKU dan hiburan dilanjutkan dengan persiapan kegiatan upacara penutupan. Upacara penutupan dipimpin langsung oleh Kak Tugiman selaku KAMABIHAR pramuka MAN 2 Yogyakarta. Seusai menerima laporan pelaksanaan GLK3, Kak Tugiman menyampaian informasi dan evaluasi kegiatan GLK3. “Pramuka merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh siswa kelas X, kegiatan GLK3 wajib diikuti baik secara langsung maupun daring sebagai syarat lanjut ke semester 3, dengan kegiatan ini diharapkan siswa mendapat bekal kemandirian untuk kehidupan.” Tambah Kak Tugiman.

Kedepannya kegiatan GLK3 juga akan dilaksanakan untuk kelas XI. Semoga dengan kegiatan Giat Latih Kepemimpinan dan Keterampilan Kepramukaan ini siswa MAN 2 Yogyakarta memiliki kemandirian, tanggung jawab dan kedisiplinan sehingga dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan akademis siswa untuk mengukir prasasti dengan prestasi di MAN 2 Yogyakarta. (zul)

 

Komentar Anda

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.