MPK-OSIS Gelar For Us (Forum Aspirasi Siswa MAN 2 Yogyakarta)

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – MPK (Majelis Pengurus Kelas) MAN 2 Yogyakarta yang terdiri dari pengurus kelas X, XI, XII gelar For Us (Forum Aspirasi Siswa) pada Sabtu (04/03/2021) di aula lantai 3. Forum ini digelar sebagi ajang menyampaikan aspirasi kepada stakeholder, tentang program yang diusulkan dan diinginkan untuk berkontribusi memajukan madrasah. Keberadaan siswa merupakan indikator penentu kejayaan madrasah untuk terus melakukan inovasi-inovasi. Langkah siswa ini sudah menjadi kontribusi awal dari siswa, pelaku proses pembelajaran dalam suatu satuan penyelenggara pendidikan.

Ketua Panitia Aqila Nasywa menyampaikan terima kasih atas kehadiran dari Kepala MAN 2 Yogyakarta Drs. H. Mardi Santosa, Wakaur Kesiswaan Dyah Estuti Tri Hartini, Wakaur Kurikulum Fajar Basuki Rahmat, S.Pd, Wakaur Sarana Prasarana Muhammad Hidayat, S.Pd, Wakaur Kehumasan Dra. Ida Puspita, M.Pd.Si juga Pembina MPK OSIS Muhammad Hatta, S.Pd. Kegiatan digelar secara luring, zoom meeting dan live streaming You Tube.

Muhammad Hatta dalam sambutannya sebagai Pembina MPK OSIS, mengajak meneladani Rosululloh. Dalam menyampaikan aspirasi dengan cara sopan santun sekaligus cerdas. Mengedepankan ide, Bahasa yang cerdas tanpa mengikut sertakan emosi. Muhammad Hatta menceritakan tentang sosok panutan luar biasa, Agus Salim.  Dalam berpidato di hadapan banyak orang, lawan politik yang tentu tidak suka, yang selalu menyela dengan bahasa yang tidak sopan dan menirukan suara kambing. Agus Salim tidak marah, tetapi justru menjawab dengan sopan dan cerdas, “Saya merasa sangat tersanjung ketika berbicara di depan para manusia, ternyata ada juga kambing ikut menyimak. Silakan para kambing keluar dahulu untuk sementara, untuk merumput keluar jika sudah selesai keluar, setelah saya selesai berbicara dengan manusia, para kambing silakan masuk kembali dan akan saya sampaikan lagi dengan bahasa kambing agar bisa dimengerti.” Jelas Hatta yang menggambar sosok tokoh Agus Salim. Kutipan  Aspirasi akan tersampaikan dan membawa manfaat.

Kepala Madrasah MAN 2 Yogyakarta memberikan aspirasinya sekaligus terima kasih atas keberanian MPK OSIS  gelar forum di tengah pandemi. Menyuarakan aspirasi di tengah pandemi tentu banyak hal yang ingin disampaikan. Mardi Santosa dengan hal senada, mengajak para siswa selain meneladani Rosululloh juga mengambil pembelajaran dari para tokoh-tokoh baik nasional maupun internasional. 5 M (Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas ) terus terapkan pada semua kegiatan karena pandemi belum berlalu.

“Siswa yang mengikuti zoom meeting dari rumah tetap bisa menyampaikan semua aspirasi dengan cara santun dan cara terhormat. Meyakini tetap produktif berkarya, melakukan kegiatan bermanfaat. Dan salah satu kegiatan yang digelar ini merupakan salah satu karya terbaik. Ajang menjadi pemimpin masa depan yang cerdas,amanah dan berkontribusi kepada agama, bangsa dan negara. Kegiatan siswa menjadi daya dukung utama madrasah yang memfasilitasi dengan adanya 36 jenis ekstrakurikuler. Asah bakat dan talenta, dan “ukir Prasasti dengan Prestasi”, menjadi dokumen melegenda MAN 2 Yogyakarta,” tandas Mardi Santosa sebelum mengakhiri sambutannya.

Artikel yang Direkomendasikan