Rembug Bareng Sukseskan Daring melalui For Us MAN 2 Yogyakarta

For Us (Forum Aspirasi Siswa) digelar MPK (Majelis Pengurus Kelas) dan OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah). Pandemi yang berkepanjangan terus menyisakan permasalahan, kendala saat kegiatan belajar mengajar berlangsung daring. Perlu strategi variatif, komunikasi intensif dan efektif antara siswa, orang tua siswa, guru, wali kelas, pihak madrasah.

Komunikasi terus dibangun untuk mencari solusi dan sukseskan kegiatan belajar mengajar. Adanya timbal balik dan interaksi dua arah. Dibutuhkan kerja keras dan kerja cerdas dalam mensikapi efek pandemi yang berpengaruh luar biasa pada semua lini dan sendi kehidupan. Pendidikan mengalami dampaknya secara langsung dan tidak langsung. Ekonomi yang tidak berjalan sebagaimana mustinya, orang tua kesulitan dalam mencari nafkah. Kemerosotan ekonomi keluarga berdampak pada dukungan penyelenggaraan kegiatan-kegiatan madrasah.

Income keluarga yang mengalami kemerosotan, kurang mendukung KBM daring yang membutuhkan kuota internet saat pembelajaran berlangsung secara zoom meeting, google meet, you tube ataupun pembelajaran dengan media yang membutuhkan kuota internet.

Stakeholder menanggapi dengan bijaksana semua aspirasi yang disampaikan siswa. Catatan-catatan uneg uneg yang disampaikan siswa, diluruskan, direspon dengan memberikan pemahaman, mendampingi selama acara digelar, memberi masukan-masukan berupa bimbingan agar ke depannya siswa dapat mewujudkan aspirasi yang telah disampaikan dengan menyelaraskan sesuai situasi dan kondisi.

Kepala MAN 2 Yogyakarta, Drs. H. Mardi Santosa, Wakaur Kesiswaan Dyah Estuti Tri Hartini, Wakaur Kurikulum Fajar Basuki Rahmat, S.Pd, Wakaur Sarana Prasarana Muhammad Hidayat, S.Pd, Wakaur Kehumasan Dra. Ida Puspita, M.Pd.Si juga Pembina MPK OSIS Muhammad Hatta, S.Pd yang menghadiri secara off line, Koordiantor Bimbingan Konseling Umi Solikatun, S.Pd yang mendampingi secara zoom meeting, terus mensupport semua aspirasi yang disampaikan siswa sekaligus membimbing, mengarahkan siswa berorganisasi agar kelak menjadi pemimpin yang amanah, berkontribusi pada agama, bangsa dan negara. (pus)

Komentar Anda