MAN 2 Yogyakarta Gelar Seminar dan Motivasi Sukses Studi Lanjut

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Kesuksesan penyelenggara pendidikan ditandai dengan adanya kenaikan kompetensi dari outcome peserta didik. Saat studi lanjut ke Perguruan Tinggi yang menyandang gelar “Terbaik”, banyak siswa memperoleh kursinya. Banyak strategi yang harus disusun untuk dapat mewujudkan tujuan ini. Berdasarkan tujuan inilah, MAN 2 Yogyakarta melalui program dari Bidang Kurikulum dengan Wakaur Fajar Basuki Rahmat, S.Pd menjalin dan bermitra dengan lembaga lain baik lembaga formal maupun informal. Salah satu program yang digelar kegiatan berupa Seminar dan Motivasi untuk siswa kelas XII, bertemakan, “Jurus Jitu Ditolak SBMPTN 2021.” Kegiatan ini menggandeng mitra Primagama yang telah malang melintang mempersiapkan sukses studi lanjut.

Kepala MAN 2 Yogyakarta  dalam mempersiapkan siswa studi lanjut ke Perguruan Tinggi di awal tahun pembelajaran telah membentuk Tim Sukses yang diketuai Rita Setyowati, S.Pd, M.Pd. Tim sukses ini yang mempersiapkan program dan melaksanakan kegiatan sesuai rancangan. Bersinergi dengan Koordinator BK Umi Solikatun, S.Pd mengawal siswa untuk sukses studi lanjut. Guru, Wali kelas, stakeholder dituntut untuk dapat mengawal proses penempaan peserta didik sehingga mengalami kenaikan dengan hasil outcame yang lebih baik.

Kegiatan akan dilaksanakan selama 5 hari pada Senin-Jum’at 5-9 April 2021secara off line dengan penerapan prokes yang ketat dengan persetujuan orang tua siswa bertempat di mushola.

Dengan mengikuti seminar dan motivasi yang digelar, siswa memperoleh bekal yang sangat cukup untuk berkompetisi memperebutkan kursi di Perguruan Tinggi. Sebelum gandeng Mitra lain, telah diadakan program pengayaan secara internal bersama guru mata pelajaran kelas XII.

Capaian siswa MAN 2 Yogyakarta setiap tahunnya mengalami kenaikan yang signifikan. Pada tahun 2020, sebanyak 106 siswa diterima di berbagai Perguruan Tinggi Negeri favorit. Hampir 100% siswa melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi.

Dengan anemo masyarakat yang begitu besar saat digelar PPDB tembus di angka 1036, menunjukkan adanya peningkatan kepercayaan dari masyarakat untuk menempatkan putra putrinya belajar di MAN 2 Yogyakarta. (pus)

 

Komentar Anda