Suksesi MAN 2 Yogyakarta untuk Studi Lanjut

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Yogyakarta masih menjadi tujuan utama studi lanjut secara Nasional. Dari Sabang sampai Merauke mendambakan dapat mengenyam Perguruan Tinggi seperti UGM, UNY, UIN Sunan Kalijaga bahkan Perguruan Tinggi Swasta UAD, UII, UMY banyak siswa yang berebut untuk mendapatkan kursinya. Perguruan Tinggi di Yogyakrta merupakan Perguruan Tinggi Favorit. Untuk mendapatkan bangku kuliah musti dipersiapkan baik secara mental ataupun penguasaan materi dengan baik. MAN 2 Yogyakarta melalui Tim Sukses Studi Lanjut merancang dan melaksanakan berbagai program pendukung untuk menyukseskannya.

Selama 5 hari Senin-Jum’at 5-9 April 2021 diadakan pembimbingan maraton dengan menggandeng Primagama. Tujuannya agar siswa memiliki bekal yang cukup saat mengikuti UTBK ataupun Ujian Mandiri yang digelar Perguruan Tinggi dalam merekrut mahasiswanya. Hal ini disampaikan Ketua Tim Sukses, Rita setyowati, S.Pd. Hal senada diungkapkan Wakaur Kurikulum Fajar Basuki Rahmat, S.Pd. Setelah bimbingan intern bersama guru kelas XII, kegiatan ini dilaksanakan.

Pelaksanaan dengan penerapan prokes bertempat di seluruh ruang kelas yang kosong karena kegiatan belajar mengajar kelas X dan XI masih berlangsung secara daring. Siswa diberi materi-materi ataupun kiat-kiat khusus dalam penyelesaian kasus yang disajikan UTBK oleh para tentor Primagama yang sudah berpengalaman.

Siswa kelas XII yang mengikuti kegiatan ini nampak serius. Dibutuhkan kerjasama dan bermitra dengan lembaga lain untuk sukses studi lanjut. Apikasi dengan sajian online yang dapat diakses siswa dari manapun dan kapanpun. Dengan bekal yang cukup dan memadai, diharapkan pada tahun 2021 ini banyak siswa yang memperoleh kursi terutama Perguruan Tinggi Negeri. Jika pada tahun 2020, sebanyak 106 siswa duduk di Perguruan Tinggi Negeri dan hampir 100% studi lanjut, maka pada tahun ini diharapkan terus mengalami peningkatan.

Pada tahun ini telah tercatat 24 siswa telah memiliki kursi di UNY dan UIN Suka Yogyakarta melalui jalur SNMPTN. Koordinator BK Umi Solikatun, S.Pd bersinergi dengan guru, walikelas, orang tua siswa, dan stakeholder mengawal, menyusun program Bimbingan Konseling bersama Tim Sukses Studi Lanjut. Dibutuhkan kerjasama dan satu satuan langkah untuk mewujudkan kesuksesan penyelenggaraan pendidikan. (pus)

Komentar Anda