Belajar Pionering Melalui GLK3 di MAN 2 Yogyakarta

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Selasa (06/04/21) merupakan hari kedua pelaksanaan Giat Latih Kepemimpinan dan Keterampilan Kepramukaan (GLK3) untuk kelas XI. Kegiatan yang berlangsung tiga hari sejak Senin (05/04/2021) hingga Rabu (07/04/2021) ini merupakan kegiatan yang wajib ditempuh oleh siswa kelas XI di MAN 2 Yogyakarta sebagai syarat ketuntasan kegiatan kepramukaan. Dalam pelaksanaannya hanya perwakilan kelas dan Dewan Ambalan (DA) yang dapat mengikuti kegiatan secara langsung di madrasah. Siswa kelas XI yang berada di rumah mengikuti kegiatan GLK3 melalui zoom meeting dan youtube channel.

Kak Tugiman selaku KAMABIHAR membuka kegiatan hari kedua dengan menyampaikan pesan semangat untuk peserta. “Hal yang paling penting dalam pramuka adalah kedisiplinan dan tanggung jawab, dan kedua hal tersebut yang akan tertanam dalam diri kalian saat mengikuti kegiatan pramuka”. Ujar Kak Tugiman.

Agenda kegiatan hari kedua adalah belajar pionering, pionering merupakan salah satu teknik pramuka dalam penggunaan peralatan tongkat dan tali yang dirangkai menjadi sebuah model suatu objek. Untuk mengenalkan pionering pada peserta, disampaikan materi tentang pionering oleh Kak Inneke di GOR lantai 3 MAN 2 Yogyakarta. Setelah mendapat bekal secara teori dan menyaksikan contoh praktik pionering, kegiatan dilanjutkan di lapangan MAN 2 Yogyakarta. Peserta GLK3 secara berkelompok praktik pembuatan dragbar dan sambung tongkat. Peserta terlihat antusias dan gigih dalam menyelesaikan tugas praktik pionering.

Kegiatan GLK3 hari kedua untuk peserta yang berada di rumah juga berjalan lancar. Peserta yang mengikuti secara daring diberikan penugasan untuk membuat video praktik pionering dengan memanfaatkan tusuk sate dan benang nilon. (zul)

Komentar Anda