MAN 2 Yogyakarta Susun EDM dan RKAM

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) –  EDM (Evaluasi Diri Madrasah) merupakan suatu proses penilaian mutu penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan oleh pemangku kepentingan ditingkat madrasah berdasarkan indikator-indikator kunci yang mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP). Melalui EDM,  madrasah dapat mengetahui aspek-aspek yang perlu ditingkatkan, serta kekuatan dan kelemahan  yang ada di madrasah dapat diidentifikasi. Hasil EDM akan  digunakan sebagai bahan untuk menetapkan jenis-jenis program/kegiatan prioritas dalam penyusunan rencana peningkatan dan pengembangan madrasah yang dituangkan dalam rencana kerja dan anggaran madrasah (RKAM).

Dengan tujuan hal tersebut di atas sekaligus penyusunan RKAM, pada Kamis (15/04/2021) digelar koordinasi Tim Penyusun EDM, RKAM MAN 2 Yogyakarta. Acara diawali dengan sambutan Kepala MAN 2 Yogyakarta yang mengajak sekaligus berharap, setelah koordinasi dihasilkan produk EDM yang dapat dijadikan dasar RKAM dengan memanfaatkan EDM sesuai fungsinya.

Koordinasi dengan sekaligus pengisian penialaian per point dipandu Kepala Tata Usaha Muhammad Bahrul Anwar dan Wakaur Bidang Kurikulum sekaligus Ketua Tim Fajar Basuki Rahmat, S.Pd.

Adanya pandemi dan penerapan pembelajaran jarak jauh sangat berpengaruh pada pelaksanaan semua program yang telah dirancang. EDM penilaian secara jujur terhadap diri madrasah. EDM Per point dinilai apa adanya tanpa rekayasa. Dengan penilaian jujur, apa adanya dan tanpa rekayasa, maka ke depannya tersusun RKAM berdasarkan EDM, dengan program-program perbaikan dan inovasi-inovasi berdasarkan refleksi diri yang telah dilakukan.

Dengan melakukan EDM, madrasah akan memperoleh manfaat, antara lain mengetahui tingkat pencapaian kinerja madrasah, mengetahui kekuatan, kelemahan dan tantangan yang dimilikinya madrasah, mengetahui peluang untuk memperbaiki mutu pendidikan,  menilai keberhasilan  dan melakukan penyesuaian program-program yang ada, mengetahui jenis kebutuhan yang diperlukan untuk perbaikan mutu, dapat mengidentifikasi program/kegiatan prioritas bagi peningkatan kinerja madrasah, bahan penyusunan RKAM. (pus)

 

 

 

 

 

 

Artikel yang Direkomendasikan