MAN 2 Yogyakarta Gelar Pesantren Ramadan

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Pesantren Ramadan merupakan salah satu sarana alternatif kegiatan yang dilakukan di tingkat satuan pendidikan madrasah setiap bulan ramadan. Hal ini bertujuan dalam rangka memantapkan pembinaan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. MAN 2 Yogyakarta gelar Pesantren Ramadan selama dua hari. Kelas X pada Kamis (22/04/2021) terbagi tiga tempat, dipisah antara siswa putra dan putri, kelas XI pada Jumat (23/04/2021), untuk penerapan prokes darurat Covid-19 pun dibagi tiga tempat yang berbeda lokasi dan berjauhan.

Kepala MAN 2 Yogyakarta Drs. H. Mardi Santosa mengapresiasi dan beri dukungan penuh pada kegiatan ini, yang sangat penting dalam pembentukan karakter peserta didik. Program yang digelar, sesuai dan selaras dengan Visi dan Misi, “Tampil Islami (Taqwa, Mandiri, Prestasi, Berwawasan Lingkungan, dan Islami).”

Kepala Unit Keagamaan Riza Faozi, S.Ag, M.SI menegaskan, “MAN 2 Yogyakarta sebagai institusi pendidikan negeri yang berbasis keagamaan dibawah Kementerian Agama diharapkan dalam proses pembelajaran dan pendidikannya mampu mengantarkan para siswa-siswinya memiliki kompentensi dalam dunia dakwah dan membaca Al Qur’an dengan baik. Melalui momentum kegiatan pesantren ramadan selama dua hari ini secara offline dan Online lewat Youtube, dengan materi pokok pelatihan khithobah bagi siswa putra dan pidato bagi siswi putri serta tahsiin Al-Qur’an, diharapkan peserta didik dapat melaksanakan tugas keagamaan menjadi khothib dan mampu berpidato dengan baik. Peserta didik mendapat bekal kerangka teori dan praktiknya. Selain ini, bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah-kaidah tajwidiyah, sebagaimana pesan dari tema kegiatan pesantren kali ini, menumbuhkan semangat pemuda dalam mencintai dakwah, dan terbentuknya generasi Qur’ani.”

Lebih lanjut Riza Faozi menjelaskan, pada kegiatan pesantren ini juga disampaikan motivasi untuk rajin belajar dan beribadah. Para peserta didik semakin meningkat pemahaman, penghayatan, dan pengamalan para siswa tentang ajaran agama Islam, sehingga menjadi muslim yang beriman dan bertakwa kepada Allah Swt.

Narasumber pesantren ramadan menghadirkan guru Pendidikan Agama Islam dari dalam madrasah dan dari luar. Riza Faozi, Fajar Basuki Rahmat wakil kepala bidang kurikulum dan Puguh Mahardika pengasuh  boarding menjadi narasumber siswa putra yang bertempat di musala memberi materi tentang bagaiaman cara berdakwah disertai kemampuan penerapan teknik public speaking sebagai pendukung saat berada di mimbar. (pus)

Komentar Anda