26 Siswa MAN 2 Yogyakarta Berlaga di KSN Tingkat Propinsi DIY

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakakarta) – Kompetisi Sains Nasional (KSN) digelar setiap tahun dengan tujuan  mengantarkan siswa untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain sebagai sebuah strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan, kompetisi sains telah memiliki posisi khusus pada berbagai ajang bergengsi di dunia internasional dalam penguasaan sains oleh para siswa. Dengan sistem kompetisi yang sistematis dan berjenjang ini diharapkan terbangun ruang seluas-luasnya bagi siswa untuk mengeksplorasi kemampuan dalam bidang sains dan mencapai puncak potensi terbaiknya.

MAN 2 Yogyakarta sebagai salah satu Madrasah Akademik di lingkungan Kanwil Kemenag DIY, turut serta berkontribusi di ajang KSN Tingkat Propinsi DIY, yang berlangsung dua hari, pada Kamis (03/Juni/2021) bidang Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Informatika. Pada Jumat (04/Juni/2021) bidang yang dilombakan antara lain, Ekonomi, Geografi, Astronomi, dan Kebumian. Sebanyak 26 siswa berjuang membawa nama baik dan menumpahkan segenap kemampuannya untuk menyelesaikan kasus yang dihadapi.

Kepala MAN 2 Yogyakarta, Drs. H. Mardi Santosa dalam sambutannya berharap, “ananda semuanya, yang paling utama adalah perjuangannya, sedangkan hasil itu urusan nanti. Man Jadda Wajada, siapa yang bersungguh-sungguh akan mendapatkannya. Momentum ini jadikan pompa semangat untuk sukses di jenjang yang lebih tinggi. Dengan prestasi yang diraih akan menjadi jalan lapang mewujudkan cita-cita. Terima kasih dan apresiasi tinggi dari madrasah atas perjuangan yang telah dilakukan ananda semuanya.”

Koordinator Tim KSN MAN 2 Yogyakarta, Leni, S.Si mengkodisikan bersama para pembimbing dalam mempersiapkannya. Untuk Ajang kali ini pembimbingan dilakukan para pembimbing intern, guru bidang studi.

Pentingnya jam terbang bagi para siswa mengikuti berbagai even kompetisi untuk membentuk mental juara. Diasah ketrampilan berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan berbagai kasus. Kompetisi ini juga merupakan bagian penting dalam pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Nusantara. (pus)

 

 

 

 

Komentar Anda