Inovasi Digital Pelayanan SKS MAN 2 Yogyakarta

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – MAN 2 Yogyakarta terus melakukan inovasi dalam pelayanan. Sebagai Madrasah Penyelenggara SKS (Sistem Kredit Semester), inovasi digital sebagai sarana prasarana pendukung dituntut untuk dapat memfasilitasinya. Salah satu agenda acara workshop UKBM pada Sabtu (12/06/2021) bertempat di aula lantai satu, dilaksanakan sosialisasi inovasi pelayanan digital sebagai salah satu sarana pendukung pelaksanaan SKS, “Si DIA (Sistem Digital Terintegrasi Androprint),” oleh Fajar Rahmadi, S.Pd, M.Sc, guru TI, yang memiliki kompetensi sangat baik di bidang TI.

Pelayanan androprint mengakomodir penilaian berbasis SKS, memfasilitasi guru, siswa, madrasah. Dengan konten lengkap yang dibutuhkan dalam penilaian. Dengan aplikasi ini diharapkan memberi kemudahan guru dalam melakukan penilaian. Fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi  meliputi semua administrasi SKS oleh penilaian guru, even madrasah yang dapat menggunakan aplikasi ini, bahkan salah satu inovasi pelayanan publik.

Fajar Rahmadi menjelaskan, “Fitur aplikasi SKS Androprint MAN 2 YOGYAKARTA meliputi semua administrasi guru mata pelajaran, Pembimbing Akademik, guru Bimbingan Konseling, dan administrasi SKS untuk siswa. Administrasi guru mata pelajaran meliputi tindak lanjut guru, dan jurnal guru yang dapat download maupun diprint. Administrasi PA maupun BK meliputi presensi siswa, hasil belajar per siswa, tindak lanjut PA maupun BK.”

“Salah satu fitur lain Yang tidak kalah populer adalah kesesuaiannya dengan ARD sehingga ke depannya diharapkan nilai dapat singkronisasi dengan ARD madrasah. Administrasi siswa meliputi form registrasi, form nilai akademik, KRSS, maupun KRS. dengan form nilai akademik siswa dapat memantau capaian nilai mereka Dan dapat mengajukan perbaikan kepada guru mapel jika memang dikehendaki,” lanjut Fajar Rahmadi menandaskan.

Kepala MAN 2 Yogyakarta, mengapresiasi tinggi dengan inovasi yang dilakukan salah satu guru, mendukung penuh, dan terus komitmen bisa memberi pelayanan terbaik. (pus)

Artikel yang Direkomendasikan