MAN 2 Yogyakarta Gelar Workshop UKBM

Yogyakata (MAN 2 Yogyakarta) – MAN 2 Yogyakarta yang dikukuhkan sebagai Madrasah Penyelenggara Sistem Kredit Semester (SKS) oleh Kemenag RI, terus berkomitmen memberi pelayanan terbaik kepada konsumen dengan melakukan evaluasi, refleksi, perbaikan pelaksanaan agar lebih baik lagi. Berkaitan dengan hal ini, maka digelar Workshop Penyusunan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) pada Sabtu (06/12/2021) di ruang pertemuan lantai satu.

Sambutan Kepala MAN 2 Yogyakarta, Drs. H. Mardi Santosa menggaris bawahi, “apresiasi pengadaan workshop di tengah kesibukan yang luar biasa. Diharapkan UKBM pada hari ini dapat diselesaikan. Untuk Bapak Ibu guru yang dapat menyelesaikan UKBM sesuai kaidah dan isi kaidah, desain menarik, lengkap, tepat isi sesuai tuntutan Kurikulum, akan diberikan reward, dipilh tiga terbaik UKBM. UKBM  yang disusun, sesuai kaidah dan isi kaidah, diharapkan dapat mempermudah siswa dalam belajar secara mandiri. Penilaian adil, obyektif, sahih, menghargai apapun yang sudah dilakukan siswa. Keterlibatan semua pihak, termasuk alumni untuk kesuksesan penyelenggaraan proses pembelajaran,”

Ketua panitia Bimtek UKBM, Hastuti Praptiningsih, S.Pd, M.Pd menyampaikan pengharapan, dengan workshop akan tersusun UKBM yang “baik”, dapat memfasilitasi siswa belajar mandiri dengan baik, paham, mengkonstruksi pengetahuan ataupun informasi yang diperoleh, sehingga tujuan pembelajaran, indikator, Kompetensi Dasar, Kompetensi Inti dalam muatan kurikulum dapat dicapai.

“Kunci SKS ada dua, mastery learning  (belajar tuntas) dan maju  berkelanjutan. Luruskan dulu konsep dasar SKS agar tidak terjadi salah konsep. SKS adalah sistem yang memfasilitasi keberagaman irama belajar peserta didik. Setiap peserta didik, masing-masing memiliki portofolio selama proses pembelajaran. Walaupun guru berganti setiap tahun, maka guru berikutnya dapat melihat portofolio setiap peserta didiknya. Sudah pernah diberikan treatment apa saja dari BK, data hasil belajar, dan sebagainya,” pernah ditandaskan  DR. H. Ahmad Hidayatullah, M.Pd, Direktorat Kurikulum Sarana dan Prasarana  Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag RI saat pembekalan kepada Madrasah Penyelenggara SKS.

Dalam pelaksanaan penyelenggaraan SKS, arahan Ahmad Hidayatullah dapat dijadikan dijadikan dasar/ pijakan dalam menyelenggarakan pelaksanaan pelayanan SKS. (pus)

 

Komentar Anda

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.