30 Siswa MAN 2 Yogyakarta Raih Kursi Perguruan Tinggi Negeri

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Kegiatan penilaian dilakukan melalui pengukuran atau pengujian terhadap siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dalam suatu unit tertentu. Untuk memperoleh informasi yang akurat penilaian harus dilakukan secara sistematik dengan menggunakan prinsip penilaian. Hasil belajar dituangkan dalam rapor. Rapor punya fungsi yang cukup penting, baik bagi siswa, orang tua, guru maupun wali kelas.

Dengan rapor siswa dapat mengetahui kemajuan hasil belajar diri, konsep-kosep atau teori-teori yang belum dikuasai, memotivasi diri untuk belajar lebih baik, memperbaiki strategi belajar. Untuk orang tua rapor memiliki fungsi mengetahui perkembangan anaknya sehingga orang tua dapat membantu anaknya belajar, memotivasi untuk meningkatkan hasil belajar dan melengkapi fasilitas belajar di rumah. Bagi Guru Mata Pelajaran, dijadikan feedback juga penilaian, mengetahui kekuatan dan kelemahan siswa dalam satu kelas. Hasil penilaian harus dapat mendorong guru agar mengajar lebih baik, dan membantu guru untuk menentukan strategi mengajar yang lebih tepat. Sedangkan dengan rapor, Wali Kelas dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan siswa dalam kelas yang diampunya, menentukan strategi dalam pengelolaan kelas yang menjadi tanggung jawabnya, membantu siswa meningkatkan kompetensi siswa atau membantu mengatasi kesulitan belajar siswa yang lemah. Hal ini disampaikan Kepala MAN 2 Yogyakarta saat memberi pengarahan pada penerimaan rapor kelas 12 peminatan MIPA, Bahasa, IPS, Keagamaan, pada Senin (14/06/2021) bertempat di aula pertemuan lantai satu, dengan prokes ketat dan shift, dijadwal secara ketat.

Salah satu syarat penerimaan rapor dengan pengembalian buku paket ataupun peminjaman yang lain dengan memperlihatkan bukti yang menyatakan telah lengkap mengembalikan pinjaman buku perpustakaan. Penerimaan rapor dikoordinir Wakaur Kurikulum Fajar Basuki Rahmat, S.Pd dan pengembalian perpustakaan dikoordinir Kepala Perpustakaan Sri Narwanti, S.Pd. Bersamaan dengan penerimaan rapor juga pengambilan seragam kelas X  bagi siswa yang pesan melalui Koperasi Rizki Barokah yang dikordinir oleh Retno Febriwindarti, S.Pd. Hal ini dilakukan sebagai salah satu persiapan luring tahun pelajaran 2021/2022.

Siswa kelas 12 dengan bekal rapor dapat dijadikan sebagai salah satu sarana untuk melajutkan studi ke Perguruan Tinggi melalui jalur prestasi. Sebanyak 30 siswa MAN 2 Yogyakarta telah memperoleh kursi di Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SNMPTN dan PTKIN.

Rasa syukur dari segenap civitas akademika MAN 2 Yogyakarta dengan capaian siswa lanjut studi di Perguruan Tinggi. (pus)

 

Komentar Anda