MAN 2 Yogyakarta Susun KTSP Diferensiasi

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Dalam Standar Nasional Pendidikan (SNP Pasal 1, ayat 15) dikemukakan bahwa Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan dengan memperhatikan dan berdasarkan standar kompetensi serta kompetensi dasar yang dikembangkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP).

Menuju uji publik KTSP MAN 2 Yogyakarta, digelar review internal ke dua pada Selasa (15/06/2021) di ruang kelas Kegamaan, yang dihadiri Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Kanwil Kemenag DIY, Anita Isdarmini, S.Pd, M.Hum. Review dilakukan untuk menghasilkan KTSP yang mengacu pada standar nasional pendidikan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional, dan Kurikulum yang dikembangkan dengan prinsip diverifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah dan peserta didik, strategi pengembangan kurikulum untuk mewujudkan sekolah yang efektif, produktif dan berprestasi.

“Untuk konten pembuatan RPP dibebaskan, konteks dan isi sesuai kaidah. (Keputusan Dirjen  Pendis Islam,  No. 5164 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada Madrasah). Moderasi beragama diintegrasikan ke semua mata pelajaran. Ada tema yang dimuat tentang lingkungan, moderasi beragama. Tidak menjadi administrasi tersendiri, setiap madrasah ada Inhost Training, setiap guru memahami adanya perbedaan dengan nilai-nilai yang wajib diangkat dengan buku panduan dari Kanwil Kemenag DIY. Pengembangan kurikulum dimuat tentang KTSP MAN 2 Yogyakarta yang mewadai keberagaman program. Pendalaman minat dapat diselenggarakan dan diterapkan pada kelas KSN (akademik). Penyusunan KTSP berdasarkan KMA, No. 184, terdapat tentang pendalaman minat, yang diampu guru madrasah, tidak harus dosen,” hal ini disampaikan Anita Isdarmini sebagai salah satu narasumber reviewer.

Untuk kelas ketrampilan, dibuat blok, dengan memperbanyak praktek dan teori diselesaikan di awal tahun. Magang di perusahaan-perusahaan untuk menghasilkan outcome kompetitif, lanjut Antita Isdarmini.

Kepala MAN 2 Yogykarta menyampaikan terima kasih, apresiasi kepada Tim Pengembang Kurikulum, yang tetap komitme berikan pelayanan terbaik. Dalam arahannya, Mardi Santosa menandaskan KTSP MAN 2 Yogyakarta merupakan strategi sukses semua program-program unggulan Akademik, Riset, KKO, Broadcasting, Film dan Multimedia, Tahfidz, dengan pembentukan karakter berdasar Visi dan Misi Tampil Islami (Takwa, Mandiri, Prestasi, Berwawasan Lingkungan, dan Islami). KTSP Diferensiasi yang memfasilitasi multi kecerdasan dengan pelayanan penyelenggaraan SKS. (pus)

 

Komentar Anda