MAN 2 Yogyakarta Gelar Career Day, Sukses Hari ini dan Masa Depan

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – MAN 2 Yogyakarta gelar Career Day gandeng Magistra Utama sebagai salah satu narasumber pada Rabu (16/06/2021) bertempat di Studio Broadcasting, dengan tema “Sukses Hari ini, Sukses Masa Depan.” Kegiatan ini bertujuan menyiapkan secara utuh bagi para siswa alumni menghadapi tes meraih pekerjaan, sekaligus pelatihan digelar untuk meningkatkan motivasi.

Kepala MAN 2 Yogyakarta dalam sambutannya berpesan, “kegiatan ini dilakukan untuk memberi pembekalan pada siswa kelas 12 lulusan tahun pelajaran 2021 untuk sukses meniti karier dengan pemilihan Program Studi yang tepat di Perguruan Tinggi, berkarakter akhlakul karimah, dan kompetitif. Jangan tinggalkan salat, ikhtiar, kemauan, komitmen hidup, insyaallah, kesuksesan akan diraih”

Koordinator Bimbingan Konseling Umi Solikatun, S.Pd menjelaskan secara garis besar tentang kegiatan yang digelar ini, “Kiat Sukses Tes Wawancara, meliputi tips menghadapi tes wawancara kerja, sikap dan kepribadian berwawancara dan teknik presentasi diri. Workshop Menyusun Lamaran Pekerjaan berisi Presentasi diri lewat berkas lamaran, redaksional mantap dalam surat lamaran pekerjaan, dan teknik menyusun berkas lamaran kerja.”

Lebih lanjut Umi Solikatun menjelaskan, Pelatihan Peningkatan Motivasi Siswa betujuan, membangun sikap mental yang baik, membangun visi yang baik tentang ilmu/keterampilan/profesi yang ditekuni, membangun semangat merubah kehidupan ke arah yang lebih positif, dan mengasah potensi diri.

“Lima belas detik pertama, kesan positif akan diberikan melalui penampilan.  akan menentukan hasil. Tampil dengan busana tepat untuk tampil profesional. Tatanan rambut rapi, kenakan tas berstruktur dan kaku bagi Wanita. Jangan merusak tampilan sendiri dengan penampilan rambut. Kenakan kemeja yang cocok, dengan celana panjang yang cocok. Ciptakan kesan pertama yang positif. Penuhi syaratnya, harus kompeten agar jadi The Right Man on The Right Place,” tandas Ayub Wahyudi, SM, narasumber Magistra Utama yang dihadirkan, saat memberikan wejangan. Banyak lagi hal-hal lain yang dijelaskan tentang strategi menghadapi tes wawancara. (pus)

 

 

 

Artikel yang Direkomendasikan