MAN 2 Yogyakarta Juara 1 Lomba Wajah Sekolah DI.Yogyakarta

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakart) – MAN 2 Yogyakarta berhasil menyabet juara 1 Pada kegiatan Lomba Wajah Sekolah yang diselenggarakan tahun 2021 oleh Balai Bahasa Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan diikuti SMA/SMK/MA di DIY. Tujuan penghargaan tersebut adalah untuk melihat ketertiban penggunaan bahasa di ruang publik lembaga pendidikan (sekolah). Tujuan penghargaan tersebut adalah untuk melihat ketertiban penggunaan bahasa di ruang publik lembaga pendidikan (sekolah).

Dalam kegiatan ini, ketua panitia, Sigit Arba’i, S.Pd., menyampaikan bahwa instrumen yang digunakan dalam penilaian terdiri atas tiga variabel, yaitu kaidah, fisik, dan tipografi kebahasaan. Tiga variabel itu didukung oleh  beberapa indikator. Variabel kaidah kebahasaan terdiri atas tiga indikator, yaitu ejaan, pilihan kata, dan struktur.  Variabel fisik kebahasaan meliputi tiga indikator, yaitu  posisi penggunaan bahasa, ukuran huruf, dan warna  huruf. Variabel tipografi kebahasaan meliputi kejelasan dan keterbacaan, komposisi, dan konteks.

Lomba diwakili Jumiyasrini, S.Pd, guru Bahasa Inggris. Dengan keuletan dan kegigihan, beliau akhirnya menghantarkan MAN 2 Yogyakarta mendapatkan penghargaan juara 1 tingkat DIY dan tentunya mendapat kesempatan melanjutkan ke tingkat nasional. Dari penilaian juri yang terdiri atas Dra. Sri Nardiyati, M.Pd., Mulyanto, M.Hum., dan Nuryantini, S.Pd. ditetapkan MAN 2 Yogyakarta sebagai pemenang pertama dengan perolehan nilai 299. Adapun pemenang kedua diraih oleh SMAN 1 Godean, pemenang ketiga diraih SMAN 1 Prambanan, pemenang keempat diraih SMAN 1 Sedayu, dan pemenang kelima diraih oleh SMAN 1 Sentolo.

MAN 2 Yogyakarta tengah mempersiapkan kelanjutan lomba nasional dengan sungguh-sungguh. “kita lakukan semaksimal mungkin dengan bantuan semua pihak, semoga untuk tingkat nasional ini kita diberi kemudahan dalam berproses dan hasil yang baik juga,” ungkap Jumiyasrini, S.Pd. (ndr)

Komentar Anda

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.