PERPUSTAKAAN MAN 2 YOGYAKARTA: USER EDUCATION 2021 DENGAN MEMANFAATKAN FITUR LIVE INSTAGRAM

Pada kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah 2021 atau disingkat sebagai MATSAMA 2021 tepatnya pada (13/7/21) Perpustakaan MAN 2 Yogyakarta berkesempatan untuk ikut andil ‘menyapa’ para peserta didik baru dalam sesi Pengenalan Perpustakaan atau lebih dikenal dengan kegiatan Bimbingan Pemustaka. Bimbingan pemustaka atau User Education sendiri merupakan sebuah kegiatan layanan wajib Perpustakaan yang berisi pengenalan seluk-beluk Perpustakaan kepada seluruh peserta didik baru yang akan otomatis menjadi pemustaka aktif Perpustakaan. Namun, karena masih dalam situasi Pandemi COVID-19 kegiatan ini yang dahulu bersifat luring kini terpaksa dilaksanakan secara daring kembali melalui fitur Live di Instagram milik Perpustakaan MAN 2 Yogyakarta.

Kegiatan ini berlangsung dengan dibagi menjadi 4 sesi. Sesi yang pertama adalah sesi sambutan dan pengantar oleh ibu Sri Narwanti, S.Pd selaku Kepala Perpustakaan MAN 2 Yogyakarta. Setelah itu memasuki sesi yang ke dua yaitu merupakan sesi live tour atau menjelajahi Perpustakaan bersama ibu Gayatri Novalinda, A.Md selaku Pustakawati Perpustakaan MAN 2 Yogyakarta. Untuk sesi ke tiga adalah sesi tanya-jawab seputar perpustakaan dan kegiatan literasi yang dijawab secara langsung oleh pihak perpustakaan. Sesi terakhir kegiatan ini adalah pengisian polling plus kesan serta pesan setelah kegiatan ini berlangsung melalui fitur Story yang terdapat pada Instagram milik Perpustakaan MAN 2 Yogyakarta. 

Meski kegiatan ini terpaksa digelar secara daring, namun respon para peserta didik baru sangat positif. Ini terbukti dengan banyaknya antusiasme saat mengikuti seluruh rangkaian sesi dengan aktif merespon dan diakhiri dengan mengisi kesan dan pesan. Tidak sampai disitu, antusiasme makin meningkat diakhir sesi karena pihak perpustakaan juga memberikan kejutan berupa tantangan dengan tema ‘Photo-Book’. Tantangan ini merupakan tantangan berfoto bersama buku yang tengah dibaca dan menceritakan mengapa mereka menyukai buku tersebut. Tantangan ini diperuntukan kepada seluruh peserta didik baru. Tantangan ini harus mereka unggah ke fitur Story di Instagram mereka masing-masing. Tantangan ini akan ditutup pada Sabtu, 17 Juli 2021. Pemenang tantangan ini akan memperoleh bingkisan menarik dan sertifikat dari pihak Perpustakaan MAN 2 Yogyakarta. (gyt)

Komentar Anda