MAN 2 Yogyakarta sebagai Lima Madrasah Terbaik DIY

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Sejak tahun 2019 Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan/atau kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN. Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) merupakan tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). LTMPT adalah satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia. Pelaksanaan UTBK oleh LTMPT memiliki keunggulan karena hasil tes kredibel, terstandar dan nilai diberikan secara individu kepada peserta.
UTBK 2021 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2019, 2020, dan 2021 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK dan sederajat), serta lulusan Paket C tahun 2019, 2020, dan 2021 dengan umur maksimal 25 tahun. Keikutsertaan dalam UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk PTN, PTKIN dan Politeknik Negeri. (Sumber : WEBSITE RESMI LTMPT)

Pada Tahun 2021, Keikutsertaan siswa kelas XII MAN 2 Yogyakarta pada tes UTBK mengantarkan ratusan siswa diterima di Perguruan Tinggi Negeri Favorit. Data dari LPMPT menyebutkan MAN 2 Yogyakarta termasuk lima madrasah terbaik di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk mengantarkan sukses peserta didik memperoleh bangku perguruan tinggi tentunya disiapkan program, straategi yang tepat. Wakaur Kurikulum Fajar Basuki Rahmat, S.Ag bersama staf dan stakeholder madrasah menyusun, membuat ramuan resep di setiap awal tahun pelajaran. Guru-guru dilibatkan dengan pembimbingan intensif terhadap siswa, dengan rambu-rambu materi yang diberikan dengan materi HOTS yang merupakan standar UTBK. Kesiapan siswa untuk tes UTBK tentunya tidak hanya materi pelajaran, namun juga dibutuhkan ketahanan fisik, juga mental. Seorang petarung untuk memperebutkan sesuatu yang berharga yang menjadi dambaan setiap pelajar, sangtalah membutuhkan kesiapan keduanya. Sinergitas antara pelaku pembelajar, orang tua, guru, pihak madrasah sebagai penyelenggara pendidikan, stakeholder madrasah, sangat menentukan keberhasilan ini.

Capaian tahun ini, untuk bisa menaikkan hasil diperlukan evaluasi menyeluruh, dan ditidaklanjuti, sehingga lulusan madrasah mampu bersaing dan menjadi lulusan yang kompetitif. MAN 2 Yogyakarta terus berinovasi untuk memberikan pelayanan terbaik. Hal ini senantiasa ditekankan Kepala MAN 2 Yogyakarta, Drs. H. Mardi Santosa. (pus)

 

Komentar Anda