Siswa MAN 2 Yogyakarta Juara 1 Maca Cerkak Tingkat DIY

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Niha Khoirunisa yang menekuni bidang Seni dan Budaya sejak kecil sangat didukung oleh ke dua orang tuanya sehingga belajar di MAN 2 Yogyakarta, menemukan tempat belajar yang tepat,  bakat unik yang dimiliki semakin terasah. Niha sangat piawai membacakan dongeng dengan banyak jenis suara, suara orang tua,remaja, orang dewasa, anak-anak, baik suara laki-laki maupun perempuan, juga jago menari, baca puisi, pantomim, bernyanyi, geguritan, pidato, juga sari tilawah. Dengan 42 varian ekstraukrikuler yang ditawarkan MAN 2 Yogyakarta, kompetensi Niha di bidang yang sesuai bakat dan minatnya ini, semakin tergali dan melejit, sehingga banyak ukir Prasasti dengan prestasi-prestasi yang membanggakan. Belum lama ini, Niha Khoirunisa memeperoleh penghargaan di Bidang Seni dan Budaya untuk Remaja dari Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku X.

Sebagai Juara 1 Lomba Maca Cerkak (Cerita Cekak), salah satu even yang digelar Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Niha berhak melaju berkompetisi tingkat Provinsi DIY, dan kembali membuktikan kompentensinya, Niha meraih Juara 1. Prestasi yang sangat membanggakan dan patut disyukuri. Tidak mudah mengajak Generasi Z untuk nguri-uri budaya lokal, untuk dijaga dan dilestarikan. Namun Niha justru ingin berkontribusi kepada masyarakat, bangsa dan negara, melalui ketekunannya dan ingin beri perhatian penuh sampai di masa mendatang, di bidang Seni dan Budaya Jawa.

” Jadi, lomba maca cerkak pada tanggal 19 Oktober ini adalah Lomba Maca Cerkak Tingkat Provinsi yang merupakan lanjutan dari lomba tingkat Kota Yogyakarta, pada  9 September 2021 lalu. Bagi juara 1,2,3 di tingkat Kota Yogyakarta, berhak mewakili Kota Yogyakarta untuk maju ke tingkat Provinsi.  Ada total 15 peserta yang merupakan wakil dari masing-masing kabupaten/kota. dan alhamdulillah ketiga wakil dari Kota Yogyakarta memperoleh juara 1, 2 dan juara harapan 1,” terang Niha mengenai raihan prestasinya ini.

Lebih lanjut Niha menyampaikan rasa syukur dan terima kasih, “Niha bersyukur bisa menjadi juara 1 baik di tingkat kota Yogyakarta maupun Provinsi DIY. Senang sekali bisa mempersembahkan yang terbaik untuk MAN 2 Yogyakarta dan Kota Yogyakarta. Support terbaik selalu diberikan dari orang tua, sekolah, dan teman-teman yang menjadi penyemangat Niha dalam mengikuti lomba. Terima kasih kepada Ayah dan Bunda Niha yang selalu menemani Niha lomba, Terima kasih untuk doa-doanya. Terima kasih juga kepada Ibu Rini yang mendampingi Niha sebagai wakil madrasah saat lomba. Niha masih dan akan selalu berharap, bisa terus berprestasi dan melestarikan Budaya Jawa.”

Apresiasi tinggi dan sekaligus terima kasih diberikan Kepala MAN 2 Yogyakarta Drs. H. Mardi Santosa kepada Niha Khoirunisa. Seluruh civitas akademika MAN 2 Yogyakarta menyambut gembira pretasi yang telah ditorehkan, senantiasa panjatkan doa dan berikan motivasinya kepada setiap peserta didik untuk meraih kesuksesan. (pus)

Komentar Anda