MAN 2 Yogyakarta Selenggarakan Psikotes

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – MAN 2 Yogyakarta bekerjasama dengan Psikologi  Primasindo selenggarakan Psikotes Kelas X dan XI pada Sabtu (08/01/2022). Pada penyelenggaraan kali ini ada 8 rombel setiap tingkat dari Peminatan MIPA, IPS, Ilmu Bahasa, dan Ilmu Keagamaa, total diikuti peserta dari 16 rombel.  Tujuan penyelenggaraan tes psikologi ini antara lain, melengkapi data peserta didik, asesmen pemahaman peserta didik yang dibawah Bimbingan dan Konseling sehingga memudahkan pengenalan, pemahaman dan pengasuhan.

Koordinator Bimbingan Konseling, Umi Solikatun menjelaskan, “dalam layanan BK tentunya menjadi salah satu informasi data dari peserta didik yang nanti akan menjadi pertimbangan, bahan ataupun dasar pengambilan keputusan dalam layanan Bimbingan dan Konseling terhadap siswa, dalam menentukan langkah dan solusi pencegahan atau pun juga pengembangan dirinya.”

Instrumen yang digunakan untuk tes psikologi kali ini diantaranya adalah instrumen asesmen kemampuan umum, sikap kerja, dan kepribadian. Hasil asesmen instrumen tersebut harapannya diperoleh informasi tentang kecenderungan atau kondisi pada saat pengambilan tes yang nanti bisa menjadi refleksi untuk peserta didik dalam upaya mengatasi permasalahan yang dihadapi ataupun dalam rangka pengembangan potensi dirinya. Hal ini dijelaskan lebih lanjut oleh Umi Solikatun.

Psikotes yang dilaksanakan untuk siswa kelas X dan XI bertujuan pula untuk penelusuran bakat minat potensi siswa, dilengkapi dengan kepribadian dan sikap belajarnya. Tujuan khusus kelas X itu untuk pemantapan peminatan. Dari hasil tes dapat  dilihat tentang minat dan potensi siswa, kemudian dianalisis dan direkomendasikan mengenai apa yang harus mereka lakukan terkait dengan kelebihan dan kekurangannya. Dengan pendampingan, arahan, dan bimbingan maka para siswa tetap berprestasi sesuai jurusan/peminatan.

Hasil psikotes untuk siswa kelas 11 tentang bakat minat untuk mempersiapkan siswa  melanjutkan ke perguruan tinggi dengan sukses. Analisis hasil psikotes sebagai bahan rekomendasi pemilihan program studi di perguruan tinggi sesuai bakat dan minat. Dengan pemilihan yang tepat sesuai bakat dan minat, siswa sukses studi lanjut di perguruan tingg.

Kepala MAN 2 Yogyakarta, Mardi Santosa berharap akan dilaksanakan dengan 3 macam sukses, yaitu sukses peserta, pelaksanaan, dan sukses hasil. Tim Psikologi Primasindo dipimpin langsung koordinator pelaksanaan dari Lembaga psikologi Primasind, Sugiharti, S.Si. (pus)

Artikel yang Direkomendasikan