Pengolahan Limbah Cair Laboratorium IPA MAN 2 Yogyakarta

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Limbah merupakan sisa suatu usaha kegiatan, praktikum kimia merupakan salah satu praktikum yang lebih banyak menggunakan zat atau larutan kimia. Sisa atau larutan setelah digunakan praktikum biasanya di buang dalam bentuk limbah. Laboratorium MAN 2 Yogyakarta belum memiliki instalasi pembuangan limbah dan juga belum melakukan kerjasama dengan lembaga pengolah limbah.
Untuk mengurangi tingkat bahaya dari limbah cair ini Laboratorium IPA MAN 2 Yogyakarta, pengolahan limbah cair dilakukan menggunakan cara sederhana melalui proses pengenceran dan filtrasi.
Proses pengenceran dilakukan untuk mengurangi kepekatan suatu larutan, sedangkan filtrasi merupakan proses untuk memisahkan filtrat dan residu. Limbah cair hasil praktikum sebelum diolah ditampung selama beberapa hari pada wadah yang telah dibedakan berdasarkan jenis limbahnya untuk mengendapkan beberapa padatan yang terdapat dalam limbah cair tersebut.


Tahap selanjutnya adalah mengencerkan limbah cair tersebut dengan cara mengencerkan nya menggunakan air keran untuk mengurangi kepekatan larutan limbah. Tahap akhir melakukan filtrasi menggunakan bahan yang ada di sekitar kita sebagai penyaring yaitu kapas, kerikil, batu kecil, ijuk aren, dan pasir silika. Hasil dari filtrasi tersebut sebagai filtrat yang dapat dibuang dengan terlebih dahulu melakukan pengecekan antara nilai ph mula-mula dengan ph akhir.
Ibu Nuning Setiyaningsih, M.Pd berharap untuk kedepannya dapat bekerja sama dengan lembaga pengolahan limbah sehingga semua jenis limbah dapat tertangani dengan baik. (pur-pus)

Komentar Anda

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.