MAN 2 Yogyakarta Belajar Jurnalistik Bersama Sang Ahli

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – MAN 2 Yogyakarta berusaha meningkatkan kompetensi jurnalistik untuk guru dan siswa melalui kegiatan bimtek jurnalistik. Bimtek digelar pada hari Rabu (26/01/2022) di ruang broadcasting MAN 2 Yogyakarta. Kegiatan yang dilaksanakan 2 sesi ini sangat menarik dan menambah wawasan jurnalistik untuk guru dan siswa yang mengikuti bimtek jurnalistik.

20 peserta bimtek yang terdiri dari guru dan siswa dipandu langsung oleh Niha Khoirunisa selaku MC. Bimtek yang digelar mengundang dua narasumber profesional yakni Dwijo Suyono, S.Sn selaku jurnalis dari Bernas / Journal Jogja yang menyampaikan materi terkait fotografi jurnalistik dan Brama Aji Saputra,S.Kom.I selaku humas kemenag kantor wilayah DIY dan redaktur Majalah Bakti.

Bimtek dimulai pukul 10.00 WIB yang diawali dengan pembukaan dari Drs. H. Mardi Santosa selaku kepala MAN 2 Yogyakarta. “Jurnalistik merupakan salah satu media untuk memperkenalkan MAN 2 Yogyakarta di masyarakat luar, silahkan ambil ilmu dan pengalaman baik untuk meningkatkan keahlian jurnalistik bapak/ibu dan siswa.” harapan Mardi Santosa dalam sambutan pembukaan.

Bersama narasumber pertama yakni Dwijo Suyono, S.Sn, peserta mendapat materi terkait hal-hal penting dalam jurnalistik hingga praktik pengambilan foto yang sesuai dalam kebutuhan jurnalistik. Peserta sangat antusias dalam kegiatan praktik pengambilan foto jurnalistik, dari 3 kali praktik sangat terlihat perkembangan ke hasil foto yang lebih baik. Diakhir pemaparan, narasumber menguatkan dan meyakinkan peserta untuk menentukan foto terbaik yang sesuai kode etik jurnalistik dalam setiap tulisannya.

Dalam sesi kedua bersama narasumber Brama Aji Saputra, S.Kom.I, peserta mendapat penjelasan secara detail dari semua sisi dalam penulisan berita, materi yang disampaikan tentang apa itu berita hingga bagaimana cara menulis berita yang sangat menarik dan efektif. Sesi tanya jawab menjadi sesi yang dinantikan oleh peserta, 6 peserta mengajukan pertanyaan yang sangat variatif yang menandakan rasa ingin tahu mereka dan ketertarikan peserta di dunia jurnalitik.

Kegiatan diakhiri dengan pesan penutup acara dari Ida Puspita selaku Waka Humas. Harapan besar disampaikan untuk jurnalitik MAN 2 Yogyakarta agar lebih maju dan mengukirkan prestasi menjadi prasasti dalam berita. (zul)

 

 

Komentar Anda

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.