BUKALAPAK DI KELAS XIIS2 , IDE JITU SALMA BISA MENAMBAH UANG TABUNGAN

MAN 2 YOGYAKARTA – Nasywa Putri Salma kelas XII IPS 2 , bertekat menambah uang tabungannya dengan mencoba berjualan nasi kucing , untuk teman-temanya yang saat itu tidak membawa bekal.

Sebuah ide dan kegiatan yang jitu ditunjukan Salma , ketika banyak teman sekelas maupun kelas lain begitu membutuhkan makanan saat istirahat pertama dan istirahat kedua. Betapa tidak bagi Salma yang setiap hari dibawakan bekal makan oleh orangtuanya ketika berangkat sekolah, namun ketika akan makan saat istirahat, Salma merasa banyak teman-temanya yang tidak membawa bekal bahkan dari mereka banyak yang tidak sempat sarapan pagi karena takut terlambat masuk sekolah, dari rasa tidak enak dan ingin membantu teman-temanya yang tidak membawa bekal itulah, timbul ide cemerlang Salma untuk berjualan nasi kucing.

Ketika bel berbunyi tanda istirahat  beberapa siswa menggunakan gadget nya untuk memesan makanan secara online, namun banyak siswa yang menuju depan karena sudah ditunggu  pengantar Go Food, Shope Food , namun juga ada makanan pesanan yang sudah dititipkan Satpam dan tinggal mengambil saja, tentunya tidak semua melakukan hal itu karena terbatasnya uang saku atau voucher Go Food sudah kosong.

Beginilah suasana saat istirahat ketika siswa yang sedang mulai kegiatan dengan PTM 100 persen maupun PTM terbatas, dimana usaha kantin madrasah belum boleh buka, dan aturannya siswa tidak boleh keluar arena madrasah , jadi siswa memilih Go Food atau Shopee Food.

Kesempatan ini yang dilihat Salma menjadi peluang usaha kecil kecilan untuk belajar berwirausaha di waktu istirahat KBM. Salma yang dilahirkan ditengah-tengah bapak dan ibunya yang mempunyai usaha catering , tentunya mempunyai keberanian untuk mencoba menambah uang tabungan nya dengan berjualan di kelasnya. Menu yang disajikan bervariasi Nasi Bakar (3K) , Nasi Ayam Geprek, Nasi Ayam Suwir, Nasi Teri, Magelangan, Bakmi (2K) yang dibawa sekitar 30 bungkus , Tahu Mercon, Jamur Crispy, Tahu Crispy (3=2K) membawa 60 biji, Sate Telor, Sate Bakso (2K) membawa 20 tusuk. Muhammad Hatta staf kesiswaan memberi apresiasi pada Salma, beliu mengatakan bahwa saya suka siswa yang kreatif dan berani mengambil peluang, karena dengan jualannya dia bisa belajar berwirausaha dan bisa membagi waktu  dengan baik, sekaligus ikut membantu teman-temanya yang membutuhkan tempat jajan karena tidak membawa bekal. Hatta berharap kegiatan kreatif dan bermanfaat ini bisa mencadi inspirasi bagi teman-teman lainya. (lok)

Artikel yang Direkomendasikan