MAN 2 Yogyakarta Gelar Soft Launching Libsys Profiling Akademik

Pada Kamis 24 Maret 2022 CV Mandiri Solusi Informatika bekerja sama dengan Madrasah Aliyah Negeri 2 Yogyakarta sukses menyelenggarakan Soft Launching Libsys Profiling Akademik yang bertempat di Gedung Cagar Budaya (GCB) pada pukul 09.00 sampai 11.30 WIB. Libsys Profiling Akademik sendiri merupakan aplikasi milik CV Mandiri Solusi Informatika untuk membantu memetakan minat pada diri siswa sehingga dapat mempermudah siswa tersebut memilah dan memilih jenjang karir lanjutan setelah lulus dari Madrasah Aliyah Negeri 2 Yogyakarta.

Acara ini dimulai dengan pemaparan narasumber pertama oleh Umi Solikatun, S.Pd selaku Guru Bimbingan dan Konseling dari Madrasah Aliyah Negeri 2 Yogyakarta lalu dilanjutkan dengan pemaparan oleh narasumber kedua, Muthia Nurrakhmi, S.Psi, M.Psi, Psikolog selaku Psikolog Industri dari tim CV Mandiri Solusi Informatika. Sedangkan yang bertindak menjadi moderator yang juga memandu jalannya acara adalah Gayatri Novalinda, A.Md selaku Pustakawan dari Madrasah Aliyah Negeri 2 Yogyakarta yang kebetulan juga merupakan Brand Ambassador dari Aplikasi Library System (Libsys) Tahun 2022.

Acara ini diikuti oleh siswa-siswi kelas sebelas dari semua jurusan dengan total 10 peserta. Pada sesi Demo dan Simulasi diawali dengan peserta diminta mengakses tautan yang akan mengarahkan pengguna ke laman akses Libsys Profiling Akademik. Berikutnya peserta akan melakukan registrasi dan log in menggunakan e-mail dan password pribadi. Pada bagian simulasinya peserta diminta untuk mengisi kuisioner sejumlah 33 halaman dan melakukan submit ketika sudah selesai melakukan pengisian. Setelah itu peserta diminta untuk memilih menu laporan untuk melihat hasil pemetaan minatnya. Laporan dapat diunduh para peserta dalam bentuk PDF.

Ketika semua peserta telah memiliki laporannya masing-masing, Muthia Nurrakhmi, S.Psi, M.Psi, Psikolog selaku Psikolog Industri dari tim CV Mandiri Solusi Informatika melakukan analisis bersama secara ringan sehingga para peserta merasa nyaman dan lebih antusias dalam mengenal diri mereka. Antusias lebih terasa karena banyak peserta yang mampu memberikan tanggapan terhadap hasil laporan masing-masing.

Pada sesi terakhir acara Gayatri Novalinda, A.Md memberikan kalimat motivasi sebagai penutup, “kita tidak akan tahu darimana rezeki akan tiba, entah dari hasil pilihan sendiri maupun permintaan orang tua. Namun, jika itu minatmu dan impianmu suarakan secara lantang, agar mimpimu makin terang.” (gyt)

Artikel yang Direkomendasikan