MAN 2 Yogyakarta Terima Tim Penilai Mandiri Zona Integritas, Pendis Kemenag RI

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – MAN 2 Yogyakarta sebagai piloting Madrasah Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi berlanjut Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di lingkungan Kemenag RI. Pada Rabu (23 Maret 2022) menerima penilaian mandiri Pendis Kemenag RI. Tim Penilai Pendis Kemenag RI yang terdiri dari M Tauifiqur Rakaman dan Nunung Patmawati, S.Pd disambut langsung oleh Kepala MAN 2 Yogyakarta, Drs. H. Mardi Santosa, Kepala Tata Usaha, Isti Wahyuni, SE, MM, disilakan duduk di ruang pertemuan Cagar Budaya.

Mardi Santosa selaku Kepala MAN 2 Yogyakarta, Isti Wahyuni sebagai Kepala Tata Usaha bersama ke 6 koordinator area perubahan, Fajar Basuki Rahmat, Dyah Estuti Tri Hartini, Imroatus Solickhah, Muhammad Hidayat, Fajar Rahmadi, dan Ida Puspita, dengan notulensi sekretaris Umi Solikatun dan Sri Purwati, menjawab setiap pertanyaan-pertanyaan yang diajukan tim penilai dan siap melengkapi serta melakukan inovasi yang dibutuhkan untuk meraih predikat ini.

Zona Integritas (ZI) adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

WBK ( Wilayah Bebas dari Korupsi ) merupakan predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar program, yang terdiri dari 6 area perubahan, : manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan akuntabilitas kinerja, dan penguatan pengawasan.

WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani) merupakan predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar kelima program pada WBK di atas ditambah dengan program penguatan kualitas pelayanan publik.

Taufiq dan Nunung satu persatu menanyakan ke enam area perubahan yang telah dilakukan selama tahun 2021, yang dimulai dari,

Manajemen Perubahan, hal-hal apa saja yang dilakukan untuk mengubah secara sistematis dan konsisten mekanisme kerja, pola pikir, serta budaya kerja individu pada Satuan Kerja yang dibangun, menjadi lebih baik sesuai dengan tujuan dan sasaran pembangunan zona integritas.

Penataan Tatalaksana, apa saja yang telah dilaksanakan meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem, proses, dan prosedur kerja yang jelas, efektif, efisien, dan terukur pada Zona Integritas Menuju WBK/WBBM.

Penataan Sistem Manajemen,  untuk meningkatkan profesionalisme SDM pada Zona Integritas Menuju WBK/WBBM.

Penguatan Akuntabilitas, hal-hal yang dilakukan untuk meningkatkan kapasitas dan akuntabilitas kinerja.

Penguatan Pengawasan, yang telah dilakukan untuk meningkatkan penyelenggaraan organisasi yang bersih dan bebas KKN.

Peningkatan kualitas pelayanan public, yang telah dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan inovasi pelayanan publik sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat dengan sistem pelayanan terintegrasi, terpadu untuk transformasi layanan umat di bidang pendidikan, dengan adanya Mandaya Radio. Tim Penilai menyempatkan untuk meninjau perpustakaan, studio broadcasting.

MAN 2 Yogyakarta beserta segenap civitas akademika, siap berkomitmen sebagai Madrasah ber Zona Integritas menuju WBK dan WBMM. (pus)

Artikel yang Direkomendasikan