Pramuka MAN 2 Yogyakarta Gelar Latih Kepemimpinan Ketrampilan Kepramukaan Tahun Pelajaran 2021/2022

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Gerakan Pramuka Amabalan Sri Sultan HB IX-NYI Ageng Serang Gugus Depan  06-005/06-006 yang berpangkalan di MAN 2 Yogyakarta, gelar kegiatan Latih Kepemimpinan Ketrampilan Kepramukaan Tahun Pelajaran 2021/2022 bernama “GLK 3#2 (Giat latih Kepemimpinan Ketrampilan Kepramukaan ).’’ Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, pada Selasa – Kamis, Tanggal 22 – 24 Maret 2022, bertempat di area MAN 2 Yogyakarta, Jl. KHA Dahlan 130 Yogyakarta. Acara dibuka oleh Wakaur Kesiswaan, Dyah Estuti Tri Hartini, S.Pd, yang diikuti peserta dari para siswa kelas X, yang didampingi wali kelas masing-masing.

Kepramukaan merupakan salah satu sarana dan metode pendidikan bagi remaja dan pemuda dengan sasaran akhir pembentukan mental dan perilaku. Yang Memiliki kekhasan tersendiri dalam melaksanakan proses pendidikannya dibandingkan dengan pendidikan formal dan pendidikan keluarga. Demikian halnya dengan kepramukaan yang diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka AMBALAN SRI SULTAN HB IX-NYI AGENG SERANG GUGUS DEPAN 06-005/06-006 yang berpangkalan diMAN 2YOGYAKARTA. Hal ini disampaikan Tri Winarko, S.Pd sebagai ketua, yang didampingi Tugiman, S.Pd dan Wibronto.

Dalam arahannya Dyah Estuti Tri Hartini berharap, para peserta mengikuti kegiatan dengan tertib, disiplin, gigih, dan baik sehingga tertempa menjadi pribadi prima, gigih, tangguh, pejuang sejati, dan berakhlaqul karimah. Para siswa inilah sebagai garda terdepan MAN 2 Yogyakarta untuk terus dapat ,”Ukir Prasasti dengan Prestasi.”

Lebih lanjut Dyah menegaskan, “Salah satu ciri khas kepramukaan adalah sistem tanda kecakapan. Syarat- syarat Kecakapan Umum (SKU) merupakan pelaksanaan Sistem Tanda kecakapan sesuai dengan Metode Kepramukaan dan Prinsip Dasar Kepramukaan. Sekaligus sebagai alat pendidikan yang merangsang dan mendorong para pramuka untuk memperoleh kecakapan-kecakapan yang berguna baginya, untuk berusaha mencapai kemajuan dan untuk memenuhi persyaratan sebagai anggota Gerakan Pramuka. Jika para peserta mengikuti kegiatan ini dengan baik, maka akan memiliki ciri khas/jiwa pramuka.”

Dengan Moto, “Satyaku Kudharmakan, Dharmaku Kubaktikan,” dan bertema, “Bersama pramuka berkarakter unggul,wujudkan prestasi,” kegiatan ini telah sukses dilaksanakan. (pus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts