MAN 2 YOGYAKARTA BERSAMA MENERJEMAHKAN LITERASI DIGITAL

MAN 2 YOGYAKARTA – 80 peserta sarasehan dalam rangkaian Harlah MAN 2 Jogja berjalan dengan lancar. Sarasehan yang bertajuk Pembinaan Pegawai dan Worshop “Terbitkan Buku” yang digelar Rabu,30 Maret 2022, menampilkan 2 Narasumber yakni : Drs.RR.Ayu Dewi dan Eko Triyanto, SSos.I dan sebagai keynote speaker Kepala Bidang Tata Usaha Kanwil Kemenag DIY, H.Muntholib,S.Ag.,M.Si.

Pada kesempatan sesi kedua Eko Triyanto,S.Sos.I dari Kanwil Kemenag DIY memberikan materi tentang Literasi Digital. Dalam paparan nya Eko ,menjelaskan bahwa Literasi Digital pada dasarnya membaca dengan memanfaatkan media komunikasi elektronik, dimana media ini dianggap sebagai sumber ilmu dari segala ilmu pengetahuan yang ada di dunia ini. Sehingga konten yang ada pun bersifat global, yakni konten yang masuk dalam kategori positif dan konten yang masuk dalam kategori negative.

Lebih lanjut Eko menjelaskan bahwa media Komunikasi yang kita pakai saat ini wujudnya adalah Jaringan Kabel ( LAN ) dan media digital melalui gelombang radio yang biasa kita sebut WiFi . di media inilah kita bisa menggunakan kapan saja dan dimana saja. Fungsi kemudahan penggunaan inilah yang menjadi trend bagi milenial termasuk kita yang sudah lanjut, sehingga tanpa disadari kecanduan pada media ini patut untuk kita waspadahi sebagai bahaya yang tidak kasat mata.

Lalu apa sebenarnya yang perlu kita ketahui agar media digital ( Gadget / Internet ) yang kita gunakan punya manfaat terutama ketika kita men share berita orang lain ? yang pertama harus kita perhatikan bahwa informasi itu benar / sesuai fakta, yang kedua informasi itu penting dan yang ketiga informasi itu update / sesuai waktu berita itu dibuat, serta yang menjadi catatan saat ini adalah hindari konten yang sifatnya caci maki, bully dsb.

Dalam kalimat penutupnya Eko berharap bahwa kita sebagai pendidik punya peran penting dalam memberikan wawasan skill kepada siswa, agar menggunakan / memanfaatkan gadget secara cerdas, baik dalam memilih konten literasi yang dibutuhkan, waktu yang dibutuhkan dalam penggunaan gadget / internet setiap harinya , dan hindari konten yang sifatnya Hoax, Caci maki dan Bully. Dengan harapan anak didik kita tetap santun dan cerdas. (lok)

Artikel yang Direkomendasikan