IRAMA Pesantren Ramadhan MAN 2 Yogyakarta

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Dalam rangka peningkatan keimanan dan ketaqwaan siswa di Bulan Suci Ramadhan, MAN 2 Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Pesantren Ramadhan dengan tema “Indahnya Ramadhan Meraih Taqwa (IRAMA)”. Senin (18/04/2022), kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan XI MAN 2 Yogyakarta pada tanggal 18-21 April 2022. Tempat kegiatan terpusat di Masjid Lantai I untuk study general atau klasikal seluruh kelas. Untuk pembahasan dan praktek materi pembelajaran Pesantren Ramadhan, siswa diarahkan menuju ruang kelas masing-masing.

Dalam pembukaannya, Drs. H. Mardi Satosa selaku Kepala MAN 2 Yogyakarta memberikan penjelasan tentang peningkatan keimanan dan ketaqwaan siswa di Bulan Suci Ramadhan. Diharapkan setelah kegiatan ini, siswa dapat meningkatkan ibadahnya dalam aktivitas sehari-hari dan adanya perubahan yang lebih baik. Untuk itu, dalam Pesantren Ramadhan tahun ini pemateri meyajikan praktek ibadah lebih banyak daripada uraian materi.

Pelaksanaan kegiatan diaplikasikan secara efisien dengan pembagian jam KBM Pesantren Ramadhan yang proporsional. Rangkaian kegiatan Senin dan Selasa, pelaksanaan Pesantren Ramadhan untuk kelas XI. Dilanjut Rabu dan Kamis, pelaksanaan Pesantren Ramadhan untuk kelas X. Rincian KBM yaitu enam jam praktek ibadah dan dua jam study general oleh narasumber dari luar Madrasah. Adapun praktek ibadah, materi meliputi tahsin dan tajwid, thaharah dan sholat jenazah, sholat fardu, doa harian dan adab terhadap guru dan orang tua.

Bagi siswa yang tidak mengikuti Pesantren Ramadhan wajib mengirimkan tugas pembuatan video kultum karya sendiri, resume Kajian Islami yang ditanda tangani oleh Takmir/Imam masjid setempat dan foto diri sendiri saat mengajar TPQ. Semua tugas diberlakukan kepada kelas X maupun kelas XI tanpa terkecuali dengan disiplin pengumpulan tugas tepat waktu.(cio)

Artikel yang Direkomendasikan