Studi Tiru MTsN 3 Kulon Progo di Perpustakaan MAN 2 Yogykarta dan Kerjasama

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) -Pada 19 Maret 2022 Madrasah Aliyah Negeri 2 Yogyakarta melaksanakan perjanjian kerjasama bidang pembinaan perpustakaan dengan Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kulon Progo bertempat di Perpustakaan MAN 2 Yogyakarta. Dalam kegiatan ini pihak Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kulon Progo mendelegasikan 6 orang guna melaksanakan studi tiru ke Perpustakaan MAN 2 Yogyakarta guna kepentingan pemenuhan instrumen akreditasi perpustakaan bagian kerjasama perpustakaan.

Dalam kegiatan ini Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kulon Progo banyak melakukan wawancara dan melihat seluk-beluk Perpustakaan MAN 2 Yogyakarta dari mulai penataan koleksi, susunan organisasi, tata tertib, hingga mempelajari tata cara peminjaman dan pencarian buku lewat sistem automasi perpustakaan yang digunakan di Perpustakaan MAN 2 Yogyakarta, yaitu Libsys. Selain melihat secara fisik para delegasi juga mendengarkan sedikit presentasi dari Sri Narwanti, S.Pd selaku Kepala Perpustakaan MAN 2 Yogyakarta. Dalam presentasi ini Sri Narwanti, S.Pd membahas tentang evolusi perpustakaan dulu sebelum terakreditasi hingga perpustakaan telah menyandang status akreditasi A.

Dalam kegiatan penandatanganan perjanjian kerjasama ini pihak Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kulon Progo ditandatangani langsung oleh Munji Jakfar, S.Pd.I, M.Pd.I selaku Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kulon Progo yang juga bertindak sebagai pihak pertama. Sedangkan dari pihak Madrasah Aliyah Negeri 2 Yogyakarta langsung ditandatangani oleh Drs. H. Mardi Santosa selaku Kepala Madrasah Aliyah Negeri 2 Yogyakarta yang juga bertindak selaku pihak kedua. Dalam penandatanganan ini juga melibatkan 2 saksi dari masing-masing pihak. Dari pihak Madrasah Aliyah Negeri 2 Yogyakarta menunjuk Kepala Perpustakaan MAN 2 Yogyakarta, Sri Narwanti, S.Pd untuk menjadi saksi 1. Sedangkan dari pihak Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kulon Progo menunjuk Kepala Perpustakaan MTsN 3 Kulon Progo, Manggih Trirahayu, M.Pd.

Kegiatan studi tiru dan penandatanganan perjanjian kerjasama pembinaan perpustakaan ini diakhiri dengan sesi foto bersama sekaligus melakukan penyerahan hibah buku koleksi bacaan kepada Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kulon Progo yang diserahkan langsung oleh Kepala Madrasah Aliyah Negeri 2 Yogyakarta, Drs. H. Mardi Santosa dan diterima langsung oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kulon Progo, Munji Jakfar, S.Pd.I, M.Pd.I agar dapat dimanfaatkan sebagai koleksi tambahan perpustakaan untuk melengkapi jumlah kebutuhan koleksi dalam menyongsong akreditasi perpustakaan (gyt).

Artikel yang Direkomendasikan