Pesantren Ramadan MAN 2 Yogyakarta Ajang Perbaiki Ritual Ibadah

Yogyakarta (MAN 2 Yogykarta) – MAN 2 Yogyakarta adakan pesanten Ramadan selama 4 hari, dimulai dari Senin 18 April sampai dengan Kamis 22 April 2022. Pada hari ini, Kamis 22 April 2022 memasuki hari ke 4. Kegiatan dimulai dengan tadarus membaca Al Quran, surat An Naba dan Abasa. Dilanjutkan sholat Dhuha dan materi keagamaan di ruang kelas-kelas. Pesantren ini diikuti semua siswa kelas X pada 2 hari Senin dan Selasa, dilanjutkan kelas XI, pada 2 hari Rabu dan Kamis.

Malita Adeba, siswa kelas X IPS 2 menyampaikan, “setelah mengikuti Pesantren Ramadan ini, saya sangat senang mengikutinya. Saya merasa pengetahuan tentang keagamaan saya semakin bertambah. Kemarin mempelajari tentang berwudhu yang baik dan benar. Jadi saya menjadi mengerti dan akan berniat berwudhu dengan baik dan benar.”

“Selain mempelajari tentang berwudhu, juga belajar tentang tajwid. Bagaimana membaca Al Quran dengan benar, tidak asal membaca. Saya bertekad untuk memperbaiki cara baca Al Quran,” lanjut Malita Adeba.

Yuni Fatmawati, S.Pd guru Bahasa Arab sangat menyambut baik dan mendukung dengan adanya pesantren Ramadan yang digelar. Dengan digelarnya pesantren ini, Yuni Fatmawati menegaskan, banyak sekali manfaat yang diperoleh siswa. Siswa sekaligus membangun karakter akhlaqul karimah, antara lain, dengan mengikuti pesantren dengan baik para siswa akan memperoleh tambahan wawasan keagamaan, dari materi pembelajaran langsung dapat dipraktekkan dengan baik dan benar, sehingga memperbaiki kesalahan yang selama ini dilakukan karena kurangnya pengetahuan, terbangun pola pembiasaan ritual keagamaan, siswa mencintai Al Quran dengan giat tadarus, membangun hablum minnannas dan hablum minalloh dengan ibadah sholat dhuha maupun sholat wajib.

Program ini digelar Unit Keagamaan, Riza Faozi, M.Ag sebagai Kepala Unit. Sebagai madrasah yang berbasis boarding, program ini rutin dilakukan, sesuai Visi, Tampil Islami (Taqwa, Mandiri, Berwawasan Lingkungan, dan Islami).

Para peserta mengikuti dengan sangat baik sesuai arahan Kepala MAN 2 Yogyakarta, Drs. H. Mardi Santosa saat pembukaan pada Senin, 18 April 2022. (pus)

Artikel yang Direkomendasikan