Kankemenag Kota Yogyakarta Selenggarakan BRUS di MAN 2 Yogyakarta

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Dalam upaya mengenali jati diri dan meningkatkan karakter siswa dalam masa usia Sekolah, MAN 2 Yogyakarta menggandeng Kankemenag Kota Yogyakarta untuk menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Remaja Usia Sekolah (BRUS). Rabu (20/04/2022), kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh siswa XI di GOR MAN 2 Yogyakarta pada pukul 07.00 WIB – selesai.

Dalam pembukaannya, Bapak Drs. H. Nur Abadi, MA, selaku Kepala Kankemenag Kota Yogyakarta memberikan penjelasan tentang kondisi siswa dan problematikanya pada saat ini. Remaja usia Sekolah harus bisa mengotrol diri dan emosi dalam pergaulan sehari-hari. Untuk itu, perlu adanya bimbingan atau sosialisasi sejak dini dimulai dari Madrasah-Madrasah yang ada di Kota Yogyakarta.

Pelaksanaan bimbingan tersebut dibawah bimbingan langsung para Penyuluh Agama yang ada di Kota Yogyakarta. Setiap Narasumber menyebar ke masing-masing kelas untuk memberikan bimbingan secara eksklusif. Alokasi waktu dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pertama tentang pengenalan jati diri dan sesi dua tentang pencarian solusi dari problematika remaja saat ini

Menurut Nita Tia Ananta, siswa kelas XI MIPA 1, materi yang disampaikan Narasumber sangat seru dan bisa menggugah antusiasme para siswa. “Detail materi di sesi pertama, membahas tentang aktivitas mengenali diri sendiri, mengenali hierarki nilai kepribadian, mengenali karakter dan kepribadian diri sendiri, serta membangun jembatan harapan. Untuk sesi kedua, membahas tentang aktivitas mempresentasikan hasil kerja kelompok dengan materi tantangan dan problematika remaja. Dan mempelajari seberapa penting ekspresi dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Nita.

Waktu penutupan, ada sebagian kelas yang mendapat instruksi untuk menulis di Stiki Note oleh Narasumber. Notes tersebut berisikan  jawaban  dari  pertanyaan terkait emosi (perasaan yang tumbuh karena sesuatu hal dalam diri sendiri) dan  cara mengendalikan emosi dari masing-masing siswa. (cio)

Artikel yang Direkomendasikan