Jalin Persaudaraan Abadi, MAN 2 Yogyakarta Adakan Halalbihalal

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Bertepatan hari nan fitri 1 Syawal 1443 H, MAN 2 Yogyakarta menyelenggarakan halalbihalal keluarga besar MAN 2 Yogyakarta. Sabtu (07/05/2022), kegiatan Halalbihalal bertemakan “Menguatkan Jalinan Silaturrahmi Dalam Persaudaran Abadi”. Diikuti oleh Bapak Ibu Guru dan Pegawai, Kepala Madrasah dan Kepala TU periode sebelumnya, Komite dan IKA MANDAYA, bertempat di Musholla Miftahul Huda dari pukul 08.30 WIB – selesai.

Dalam pembukaannya, Drs. H. Mardi Santosa selaku Kepala MAN 2 Yogyakarta mengucapkan selamat Idul Fitri 1 Syawal 1443 H kepada Guru dan Pegawai. Dengan momen yang mulia ini, diharapkan Keluarga Besar MAN 2 Yogyakarta dapat meningkatkan kualitas persaudaraan dan menjalin silaturrahmi selamanya. Hari Raya Idul Fitri merupakan puncak dari Ibadah Puasa Ramadhan setelah sebulan penuh menjalaninya.

Beranjak pada kegiatan inti, tausiyah oleh Ir. H. Moh. Ikhsan. Dalam pemaparannya, Umat Muslim seluruh dunia merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan senang gembira. Umat Muslim khususnya di Indonesia memanfaatkan momen tersebut dengan mengadakan tradisi Halalbihalal. Dimana Halalbihalal merupakan proses maaf memaafkan sesama manusia setelah menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan. Hal ini dapat meningkatkan kualitas hubungan sesama manusia (Hablumminannas) menjadi lebih baik dari sebelumnya dan menghindari dosa atau “bangkrut amal”.

Dosa yang membuat seseorang dikategorikan bangkrut amal diklasifikasikan menjadi tiga. Pertama, mencaci maki atau menghina (bully). Kedua, menuduh atau memfitnah. Ketiga, memakan  harta orang lain seperti penipuan, pencurian, perampokan, memalak, dsb.(cio)

Komentar Anda

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.