Hybrid Learning “Permainan dalam Pembelajaran Bahasa”, MAN 2 Yogyakarta Solid Adakan Pelatihan Bersama UNY

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Dalam rangka menindaklanjuti undangan pelatihan Hybrid Learning, MAN 2 Yogyakarta bekerjasama dengan Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan Pelatihan Guru Bahasa dengan tema “Permainan daring dan luring dalam Pembelajaran Bahasa”. Selasa (17/05/2022), kegiatan tersebut dibawah pengkoordinasian Panitia Tim Program Pengabdian Masyarakat Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Fakultas Bahasa dan Seni. Bertempat di Aula Lantai III  MAN 2 Yogyakarta dari pukul 08.00 WIB – selesai.

Peserta Pelatihan terdiri dari peserta intern MAN 2 Yogyakarta yaitu Guru Bahasa Arab, Guru Bahasa Indonesia, Guru Bahasa Jawa, Guru Bahasa Inggris, Guru Bahasa Jerman dan Guru Bahasa Jepang. Untuk peserta ekstern berasal dari SMAN se-Indonesia. Pelaksanaan Pelatihan dilakukan selama tiga pertemuan. Pertemuan I (Luring MAN 2 Yogyakarta & Daring Zoom Meeting), dilaksanakan pada hari selasa, 17 Mei 2022. Pertemuan II (Daring Zoom Meetings), dilaksanakan pada hari selasa, 26 Mei 2022. Dan Pertemuan III (Daring Zoom Meeting), dilaksanakan pada hari selasa, 16 Juni 2022.

Dalam pembukaannya, Drs. H. Mardi Santosa selaku Kepala MAN 2 Yogyakarta menyampaikan beberapa point bahasan dan harapan dari adanya Pelatihan ini. Guru Bahasa perlu adanya kegiatan mempelajari metode belajar melalui permainan dalam konteks pembelajaran Bahasa. Permainan atau game merupakan model yang bisa diapalikasikan dalam semua Mata Pelajaran. Dengan Pelatihan ini, diharapkan seluruh Guru Bahasa akan meningkatkan inovasi dan kreatifitas dalam pembelajaran dengan model permainan atau game.

Inti acara pada Pertemuan I, dengan pemaparan materi oleh beberapa Narasumber yaitu Drs. Sudarmaji, M.Pd., Dra. Reta Endah, S.M., M.Pd., Dr. Isti Haryati, M.A., Dr. Iman Santoso, M.Pd., dan Diyan Fatimatuz Zahro, M.A. Adapun fokus Pelatihan meliputi kerja mandiri & pendampingan revisi penyusunan RPP berbasis permainan Bahasa dan pembuatan video implementasi permainan Bahasa dalam pembelajaran di Sekolah.(cio)

Artikel yang Direkomendasikan