Jumat Barokah MAN 2 Yogyakarta untuk Raih 7 Keutamaan Bersedekah

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Jumat Barokah, kegiatan inisiasi dari guru, pegawai, Kepala MAN 2 Yogykarta, Drs. H. Mardi Santosa, Kepala Tata Usaha, Isti Wahyuni, SE, MM diadakan untuk merengkuh 7 keutamaan bersedekah pada hari Jumat, antara lain salah satunya, sebagaimana yang disampaikan  Ibnul Qayyim rahimahullah, “Sesungguhnya shadaqah pada hari Jum’at itu memiliki kelebihan dari hari-hari lainnya. Shadaqah pada hari itu dibandingkan dengan hari-hari lainnya dalam sepekan, seperti shadaqah pada bulan Ramadhan jika dibandingkan dengan seluruh bulan lainnya.” Zaadul Ma’aad (I/407).

Pada Jumat (20 Mei 2022) untuk ke dua kalinya dilaksanakan Jumat Barokah. Berharap dengan adanya pemberian nasi kotak kepaada masyarakat kurang mampu, dapat sedikit memberikan semangat untuk menjalani hari-hari yang dirasa sulit untuk mencari nafkah. Sedikit perhatian, membuka perjalanan hari Jumat dengan sarapan, yang akan memompa asa para tukang becak, gojek, nenek-kakek yang sudah tua namun masih menjadi tulang punggung keluarga, pedagang kaki lima, pengamen, dsb yang lewat jalan di depan madrasah.

Acara digelar bukan bermaksud riya’ namun kampanye untuk berbuat baik kepada sesama sekaligus memelihara rasa syukur akan rizqi nikmat sehat, kemudahan urusan dan lancar rizqi yang dianugerahkan Allah SWT. Berharap, apa yang dilakukan akan memberi pengharapan kepada masyarakat kurang mampu, bahwa keberadaannya diperhatikan.

Adapun 7 keutamaan luar biasa yang akan teraih jika bersedekah di hari Jumat, antara lain, Membuka Pintu Rezeki, Termasuk Amalan Sholeh, Setara dengan Pahala Sedekah di Bulan Ramadhan, Membawa Syafaat di Hari Akhir, Hari Istimewa, Dilimpahkan Karunia-Nya. (Sumber, masjidpedesaan.org.id) Pada dasarnya, hiduplah sangatlah singkat, ada pepatah, “Urip kuwi mung mampir ngombe,” selagi hayat masih dikandung badan, kampanye Jumat Barokah Mandaya, Untuk Bersedekah, Jangan ditunda.” (pus)

Komentar Anda

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.