MAN 2 Yogykarta Siagakan sebagai PILOTING PISA 2022

Yogykarta (MAN 2 Yogykarta) – MAN 2 Yogykarta sebagai piloting PISA 2022, terus berusaha untuk berikan hasil terbaik agar sukses mengemban Amanah. Kepala MAN 2 Yogykarta, Drs. H. Mardi Santosa, Wakaur Kurikulum Fajar Basuki Rahmat, S.Ag terus berkoordinasi dengan Tim TI, Fajar Rahmadi, M.Sc, Surya Triyana Suprihatin, S.Pd, Amsore, para siswa piloting PISA dan para pembimbing.

Pembimbing terjadwal bergantian menyampaikan materi, Dewi Subaroroh, Afwan Suhaemi, Sulistyaningrum, Nur Harsih, Retno Wulandari, Nur Khasanah. Beberapa kali para siswa melakukan simulasi PISA. Pembimbing yang mengawal sebelumnya mengikuti diklat tentang PISA yang diselenggaran Pendis Kemenag RI.

Programme for International Student Assessment (PISA) yang diinisiasi oleh Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) adalah suatu studi untuk mengevaluasi sistem pendidikan yang diikuti oleh lebih dari 70 negara di seluruh dunia. Setiap 3 tahun, murid-murid berusia 15 tahun dari sekolah-sekolah yang dipilih secara acak, menempuh tes dalam mata pelajaran utama yaitu membaca, matematika dan sains. Tes ini bersifat diagnostik yang digunakan untuk memberikan informasi yang berguna untuk perbaikan sistem pendidikan. Indonesia telah berpartisipasi dalam studi PISA mulai tahun 2000. (Sumber, Diknas)

Ditunjuk piloting PISA, memberi pengalaman yang berharga bagi MAN 2 Yogykarta. Dengan amanah yang harus dilaksanakan, dituntut untuk menemukan strategi yang tepat dalam menyiapkan siswa peserta PISA yang telah ditunjuk, begitu juga bagi lembaga lebih dapat focus untuk meningkatkan kemampuan membaca, matematika, dan sains bagi peserta didik. Kemampuan yang dibutuhkan di jaman yang telah berkemajuan teknologi. (pus)

Artikel yang Direkomendasikan