Kurikulum Merdeka Belajar Mengemuka pada Review KTSP MAN 2 Yogykarta

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Review KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Penddikan) MAN 2 Yogykarta digelar pada Senin (30 Mei 2022) bertempat di aula lantai 3. Salah satu nara sumbernya dihadirkan Sub Koordinator Kurikulum dan Kesiswaan Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta, Anita Isdarmini, S.Pd, M.Hum.

Anita Isdarmini pada kesempatan ini menjelaskan secara garis besar tentang Kurikulum Merdeka Belajar. MAN 2 Yogykarta sebagai penyelenggara pelayanan Sistem Kredit Semester dipandang siap jika mengimplementasikan Kurikulm Merdeka Belajar.

“Karakteristik utama dari kurikulum merdeka adalah, pembelajaran berbasis projek untuk pengembangan soft skills dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila. Fokus pada materi esensial sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi. MAN 2 Yogykarta yang telah menerapkan pembelajarn dengan sistem SKS dengan banyak keunggulan, akan lebih mudah mengadopsi, adaptif dan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar. KTSP yang disusun menyentuh pelayanan yang diselenggarakan MAN 2 Yogyakarta. Merdeka belajar sangat mewadai dan melayani keberagaman bakat dan minat siswa, yang selama ini sudah menjadi program-program unggulan,” lanjut Anita Isdarmini.

Pada arahan lain Anita Isdarmini menegaskan, “Juknis, KMA No. 624 Tahun 2021 Pedoman Supervisi Pembelajaran pada Madrasah, Supervisor tidak fokus pada administrasi tetapi kepada implementasi pembelajaran. KMA Nomor 184 Tahun 2020 perihal Pedoman Implementasi Kurikulum Pada Madrasah merupakan panduan dalam mengimplementasikan kurikulum di madrasah. KMA 184 ini sebagai embrio. Bedanya dengan sekolah penggerak. Pembelajaran transfer of value merupakan tanggung jawab semua guru, bukan hanya guru agama. KMA 624 termasuk revolusi supervise. RPP untuk merencanakan, lebih penting supervise pada implementasinya. Tanggung jawab pembelajaran internal adalah Kepala Madrasah. Pengawas bertanggung jawab kepada pembimbingan.”

“Kompetensi Inti  dan Kompetensi Dasar tidak ada pada Kurikulum Merdeka Belajar. Nilai jumlahnya hanya 1 jenis sebagai capaian pembelajaran,” jelas Anita Isdarmini tentang Kurikulum Merdeka Belajar.

Kegiatan review KTSP MAN 2 Yogyakarta pada sesi 2 bersama Anita Isdarmini ditutup dengan tanya jawab seputar strategi, kiat, tips dan trik untuk sukses studi lanjut. (pus)

Artikel yang Direkomendasikan