MAN 2 Yogyakarta Siapkan KTSP Th.Pelajaran 2022/2023

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta)  – Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) merupakan dasar Tujuan melaksanakan kebijakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah untuk mewujudkan kurikulum yang sesuai dengan kekhasan (karakteristik), kondisi, potensi daerah, kebutuhan dan permasalahan daerah, satuan pendidikan dan peserta didik, dengan mengacu pada standar nasional yang tercantum dalam Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) serta panduan penyusunan KTSP.

Bertujuan untuk menyiapkan KTSP tahun pelajaran 2022/2023, MAN 2 Yogyakarta adakan kegiatan review KTSP pada Senin (30 Mei 2022) bertempat di aula lantai 3. Pada kegiatan ini menghadirkan nara sumber Sub Koordinator Kurikulum dan Kesiswaan Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta, Anita Isdarmini, S.Pd, M.Hum, Kasi Dikmad Kemenag Kota Yogyakarta, Elfa Tsuroyya, S.Ag, M.Pd.I, M.Pd, dan Pengawas MA Kemenag Kota Yogykarta, Murtinah, S.Pd, M.A

Murtinah menjelaskan, “Nilai PKG, dengan supervisor madrasah/assessor internal.. Pengawas menerima hasil. Pengawas menilai Kepala Madrasah. Memperbaiki proses KBM. Pengawas mendampingi agar KBM berjalan dengan baik, apakah sudah sesuai dengan aturan penyusunan RPP? Pada akreditasi Asesor masih beragam dalam mengambil keputusan pada saat melakukan penilaian. Satu lembar RPP boleh namun bisa bertanggung jawab saat assessor menanyakan. KMA 264 yang memberlakukan baru Kementerian Agama. Jika assessor dari Kemendikbud dijelaskan jika implementasinya menggunkan atau berdasarkan KMA 264.”

“Pada standar kelulusan untuk praktek peribadatan, dinampakkan pada program rutin yang dilaksanakan. Disusun program dalam satu tahun untuk perencanaan raihan prestasi-prestasi, pembelajaran di luar kelas, misal ke Musium dan sebagainya. Senam menjaga kebugaran juga diprogramkan, dan lain-lain,” masih banyak hal lain yang disampaikan Murtinah.

Pada akhir acara, Kepala MAN 2 Yogykarta, Drs. H. Mardi Santosa memberi apresiasi tinggi kepada tim penyusun pengemban KTSP sekaligus ucapan terima kasih. Review ini masih kegiatan awal, masih dilanjutkan kegiatan lain menuju penyempurnaan KTSP menjelang Uji Publik KTSP MAN 2 Yogykarta. Diharapkan segenap civitas akademika MAN 2 Yogykarta ambil peran di dalamnya. Semua punya peran, dan semua menentukan. Tidak ada Super Man, yang ada hanyalah Super Tim. (pus)

Artikel yang Direkomendasikan