Prakerin Siswa Broadcasting dan Film di Adi TV

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – MAN 2 Yogyakarta dikukuhkan sebagai Madrasah Plus Ketrampilan Broadcasting, Film dan Multimedia dengan SK Dirjen 2851 tahun 2020. Siswa magang di industri Broadcasting dan Film menjadi program untuk menjawab tantangan dan tuntutan melahirkan out come yang kompetitif.

Sebanyak 31 siswa diserahkan untuk mengikuti Praktek Kerja Industri (Prakerin) di Adi TV. Kegiatan berlangsung di Kantor ADiTV Yogyakarta pada Selasa ((14/06). Dalam kegiatan tersebut, Drs. H. Mardi Santosa selaku Kepala MAN 2 Yogyakarta, berharap agar siswa-siswa tersebut mendapatkan pengalaman dunia industri secara langsung untuk 2 pekan ke depan.

“Program magang ini dilaksanakan di semester empat dengan harapan, para siswa dapat melakukan praktek langsung tentang seluk beluk ataupun dunia kepenyiaran. Out come dari Perkerin ditargetkan, meningkatnya 5 kompetensi di bidang penyiaran antara lain, : Pemberitaan/News, Konten Kreator, Editor, Teknik Suport Penyiaran, dan Produksi,” hal ini disampaikan Ketua Unit Broadcasting dan Film, Jumiyasrini.

“Kami berharap setelah kegiatan ini siswa-siswa yang berjumlah 31 orang ini akan mendapatkan pengalaman baru, yang dapat memberikan perubahan dalam karir mereka ke depannya. Sejumlah kompetensi dasar dalam dunia broadcasting dan Film, yang nantinya mereka bisa dapatkan pada Prakerin ini ,” ungkapnya saat memberikan sambutan.

Kompetensi yang kami harapkan itu seperti dasar dasar penyiaran, mengoperasikan alat, dan kemampuan tampil di depan kamera,” imbuhnya.

Kegiatan prakerin yang diselenggarakan ini sendiri merupakan kegiatan prakerin pertama yang dilakukan oleh MAN 2 Yogyakarta, setelah sebelumnya tertunda karena pandemi.

“Sebelumnya karena pandemi, kakak-kakak mereka yang sudah kelas 3 sekarang batal diberangkatkan,” tambah Mardi Santosa.

Sebanyak 31 siswa yang menjalankan prakerin ini disambut sangat baik oleh Adi TV, dalam hal ini diterima Direktur Edukasi, Geronimo. Oleh Geronimo bahkan rombongan diajak tour room ke semua ruang penyiaran, teknik penyiaran, studio rekaman, dan banyak ruangan lain. Acara penyerahan magang siswa diakhiri dengan MOU antara MAN 2 Yogykarta dengan Adi TV. (pus)

Komentar Anda

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.