Pramuka MAN 2 Yogykarta Gelar Kegiatan Peduli Lingkungan dan Bersih Pantai

Yogyakarta (MAN 2 Yogykarta) – Gerakan Pramuka Amabalan Sri Sultan HB IX-NYI Ageng Serang Gugus Depan  06-005/06-006 yang berpangkalan di MAN 2 Yogyakarta, gelar kegiatan Pramuka peduli lingkungan dan bersih pantai Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, pada Senin (13/06/2022), bertempat di area pantai Cemara Sewu,  Bantul. Acara dibuka oleh Kepala MAN 2 Yogykarta, Drs. H. Mardi Santosa yang diikuti peserta dari para siswa kelas XI, yang didampingi Wakaur Kesiswaan Dyah Estuti Tri Hartini, Pembina Pramuka, Tri Winarko, S.Pd, Tugiman, S.Pd, dan wali kelas masing-masing.

Tri Winarko menyampaikan, “kegiatan Pramuka peduli lingkungan dan bersih pantai ini bertujuan untuk mensyukuri ciptaan Illahi dan menerapkan Dasa Darma Pramuka dalam kaitan peduli lingkungan. Pada kegiatan, peserta di pandu oleh para Pembina Pramuka dengan target, bisa menunjukkan rasa empati terhadap lingkungan dimana mereka berada dengan menjaga dan merawat serta memelihara apa yang ada di sekelilingnya dengan rasa cinta. Peserta ini wajib dikuti oleh peserta didik kelas XI sejumlah 238 orang sebagai tugas akhir dari kegiatan purna latih kepramukaan.”

Kegiatan berawal dengan apel pembukaan, dilanjutkan bersih-bersih lingkungan pantai, secara berkelompok membuat slogan mengajak peduli lingkungan dan menjaga kebersihan, juga motivasi. Diselingi game dan berbagai ketrampilan yang diberikan para Pembina.

Banyak hal positif yang dirasakan para peserta. Kegiatan yang sangat menyenangkan, tumbuh peduli lingkungan, menjaga kebersihan dan menjadi pembiasaan, empati terhadap sesame makluk ciptaan Tuhan YME, terlatih kemandirian, gigih, pantang menyerah, juga menyeimbangkan kecerdasan otak kiri dan kanan. Hal ini disampaikan salah satu peserta yang ditemui jurnalis. (pus)

Komentar Anda

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.