MAN 2 Yogyakarta Menerima Kunjungan Studi MAN 1 Muara Enim, Palembang

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Kepala MAN 2 Yogyakarta, Mardi Santosa didampingi Kepala Tata Usaha, Isti Wahyuni, dan para wakil kepala madrasah menerima rombongan studi tiru MAN 1 Muara Enim, Palembang. Rombongan yang terdiri dari siswa, guru, wakil kepala madrasah, kepala tata usaha berjumlah 50 orang diterima di PTSP, dilanjutkan safari room di gedung ruang cagar budaya, studio broadcasting, film, dan multimedia, perpustakaan, diakhiri disilakan duduk di aula lantai 3 pada Senin, 27 Juni 2022.

Kepala MAN 1 Muara Enim, Abuddarda menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan, “setahun yang lalu, teringat saat koordinasi, setelah bertemu Dr. Suwardi yang berpesan untuk berkunjung ke MAN 2 Yogyakarta. Dan benar, kami sangat berterima kasih telah diterima dengan sangat baik di MAN 2 Yogyakarta yang luar bias ini. Baru kali ini bertemu dengan Bapak Mardi namun sudah langsung seperti saudara.”

“Di MAN 1 Muara Enim, selaku kepala madrasah, saya minta kepada segenap stake holder, hand phone harus selalu aktif, agar mudah dihubungi, dan selalu update informasi. Saya mulai karier dari guru honor, CPNS, sampai menjadi Kepala MAN yang sebelumnya sebagai Kepala MTs. Saya ingin ada warnanya, Muara Enim sedikit lebih maju dengan ciri khas. Untuk itu, kami sangat berharap, pulang dari MAN 2 Yogyakarta mendapatkan gambaran inovasi, ATM (amati, tiru, modifikasi) untuk dapat diterapkan di MAN 1 Muara Inim. Satu kata untuk MAN 2 Yogyakart, “wow.” Saya bawa tim kekuatan Muara Enim untuk mendapatkan pengetahuan, wawasan, pengalaman agar tidak seperti katak dalam tempurung,” utur Abuddarda.

Lebih lanjut Abuddarda mengatakan, “informasi yang diberikan lengkap, sangat memotivasi kami untuk terus berinovasi. Saya mendapatkan kesan, bahkan MAN 2 Yogyakarta tidak kalah dengan MAN 3 Malang, letak strategis, berada di pusat kota. Banyak hal yang dapat kami amati, tiru, dan modifikasi. Tempat berguru, mohon dibantu dan ijin untuk tim kami, agar dapat menimba ilmu pada masing-masing staf pimpinan. Termasuk kurikulum merdeka belajar. Di Muara Enim ada program pengembangan atlet, mohon informasi lebih lanjut tentang penerapan program ini. Bagaimana kiat, tips, dan trik untuk berprestasi di bidang olah raga yang sudah sangat banyak diraih MAN 2 Yogykarta.”

Mardi Santosa mempresentasikan Visi dan Misi MAN 2 Yogykarta, Tampil Islami (Taqwa, Mandiri, Pretasi, Inovatif, Berwawasan Lingkungan, dan Tampil Islami) dengan branding, “Ukir Prasasti dengan prestasi. Misi, : Mewujudkan Insan Madrasah yang berilmu, beramal, dan berkepribadian mulia (akhlak mahmudah), mewujudkan Insan Madrasah yang menguasai iptek, bahasa, budaya, olahraga dan seni,  mewujudkan madrasah yang berdaya saing global, mewujudkan lingkungan madrasah yang kondusif dan islami.

Terjadi peningkatan dari tahun ke tahun dengan peningkatan signifikan para siswa yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri, pada tahun 2021 terdapat 107 siswa. Program ungulan Akademik, Riset, Broadcasting, Film, dan Multimedia, Kelas Olah Raga, Tahfidz/Boarding, International Language Class, dengan 43 varian ekstrakurikuler mengemuka pada presentasi Mardi Santosa, yang bertekad tiada hari tanpa inovasi, “Ukir Prasasti dengan Prestasi,” terus ditorehkan baik guru, siswa, tenaga kependidikan, dan juga prestasi madrasah. (pus)

Artikel yang Direkomendasikan