Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) MAN 2 Yogyakarta

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – MATSAMA (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah ) MAN 2 Yogyakarta berlangsung dimulai tanggal 11 Juli sampai dengan 16 Juli 2022. Diawali sosialisasi tentang pelaksanaan Matsama pada Senin (11 Juli 2022) bertempat di sport hall lantai tiga gedung terpadu.

Kepala MAN 2 Yogykarta, Drs. H. Mardi Santosa menegaskan, “Matsama merupakan wujud penanaman integritas Siswa Madrasah, dengan melaksanakan kegiatan yang bertemakan, Cinta dan Bangga pada Madrasah.” Program ini bertujuan untuk mengenalkan lingkungan Madrasah, menanamkan kultur bangga menjadi Siswa Madrasah, dan memperkuat nilai-nilai Moderasi Beragama Siswa Madrasah.”

Wakaur Kesiswaan, Dyah Estuti Tri Hartini, S.Pd didampingi Harun Ikhwantoro, S.Pd pada sosialisasi Matsama ini membagi siswa baru ke dalam kelas-kelas sementara dari kelas A sampai dengan kelas H. Kelas proyeksi sebagai kelas-kelas unggulan, Akademik, Riset, Broadcasting dan Film, Multimedia, Khusus Olah Raga, Boarding/Tahfidz, Internatinonal Language Class.

Kegiatan diawali dengan informasi tata-tertib pelaksanaan Matsama untuk siswa oleh Harun Ikhwantoro. Tata tertib meliputi antara lain, harus datang 15 menit sebelum acara dimulai, hadir dan mengikuti minimal 70%, jika tidak terpenuhi diwajibkan mengulang keikutsertaannya di Matsama, tidak diperkenankan membawa senjata tajam, mainan yang tidak terkait pembelajaran, barang berharga/perhiasan, dilarang buang sampah sembarangan, membudayaka 5 S (senyum, salam, sapa, sopan, santun) dilarang merusak lingkungan dan sarana prasarana madrasah, dilarang berperilaku tidak sopan kepada Guru dan Kakak Pembina, mengenakan tanda pengenal, izin, bawa bekal dari rumah. Selain tata-tertib diinformasikan hal-hal lainnya oleh Kakak Pembina.

Siswa baru berjumlah 265 mengikuti sosialisasi dengan semangat dan tertib dari awal sampai berakhirnya sosialisasi. Kegiatan ini juga didampingi para wali kelas. Matsama merupakan momentum awal untuk membangun karakter siswa MAN 2 Yogyakarta agar menjadi insan yang taat beribadah, jujur, disiplin, tanggung jawab, dan peduli. (pus)

Artikel yang Direkomendasikan