Ekspo Ekstrakurikuler Robotik MAN 2 Yogyakarta Saat Matsama

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Ektrakurikuler Robotik sangat banyak menarik pengunjung peserta didik baru MAN 2 Yogyakarta pada acara Ekspo Ekstrakurikuler yang digelar di halaman depan gedung terpadu Perpustakaan, Laboratorium IPA, dan Sport Hall pada Sabtu (16/07/2022). Disediakan 42 varian ekstrakutikuler untuk pengembangan diri siswa sesuai bakat dan minat masing-masing. Pada kesempatan ini siswa diberi kebebasan untuk menentukan pilihan jenis ekstrakurikuler yang dipilih. Ekspo robotik sejak pagi sudah dikerubungi siswa. Ekspo robotik ini digawangi para alumni.

Anita Isdarmini, MHum, Pejabat Fungsional pada Kurikulum dan Kesiswan Kanwil Kemenag pada kesempatan terpisah menegaskan, sudah saatnya siswa sejak dini dibekali kompetensi di bidang robotik. Outcome kompetitif disiapkan di jaman globalisasi, digitalisasi, serba penerapan robot di berbagai industri, revolusi industry 5.0. Dengan kompetensi robotic yang dimiliki siswa dapat menghadapi jamannya dengan survive.

Ahmad Mukafa, alumni pembimbing ekstrakurikuler robotik menyambut dengan sangat baik dan bersemangat sebagai pembimbing untuk siap memberi pengetahuan, ketrampilan dan kompetensi di bidang robotik. Ahmad Mukafa sangat berharap bisa memberi kontribusi terbaik kepada almamater, melahirkan adik kelas bimbingan meraih prestasi mengikuti jejaknya yang meraih berbagai penghargaan di bidang robotik, kompetisi robotik antar perguruan tinggi tingkat nasional. Bahkan bukan hal yang muskil sebagi juara tingkat internasional.

Septiadi Bayu Eka Saputra dan farhat dengan rinci menjelaskan setiap robot yang ada di ekspo satu persatu. Mulai dari robot kapal, kapal selam, mobil dengan remote kontrol, dan robot-robot lainnya. Para siswa mengikutinya dengan antusias dan mengekekspresikan mimik takjub. Tim robotic menjawab setiap pertanyaan dengan jelas dan sabar.

Ahmad Mukafa menegaskan kembali kepada para pengunjung, “tidak perlu meyakini jika membuat robot itu sulit. Segala sesuatu yang disukai jika dilakukan dengan tekun, sabar, gigih, pantang menyerah, maka akan dapat membuat robot sesuai impian. Dari pada waktu dibuang percuma hanya untuk main, lebih baik melakukan hal yang menyenangkan sekaligus memupuk komptensi, membuat sesuatu yang mengahasilkan berbagai macam benefide yang sangat bermanfaat untuk kita. Beaya kuliah mandiri, prestasi, dan akhirnya dengan berprestasi menjali jalan pembuka untuk lanjut ke Perguruan Tinggi yang diinginkan.”

Beberapa peserta menyatakan sangat senang selama mengikuti Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) apalagi setelah digelarnya ekspo ekstrakurikuler, menjadi bersemangat dan sangat termotivasi untuk dapat menjadi pelajar berprestasi yang membanggakan orang tua dan membawa nama baik madrasah. (pus)

Artikel yang Direkomendasikan