Ikuti Vredeburg Fair 2022, Siswa MAN 2 Yogyakarta Bingkai Pemahaman Sejarah

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Pembelajaran Kontekstual dengan melibatkan siswa dalam kegiatan di lingkungan sekitar dan terdekat. MAN 2 Yogyakarta terletak di barat Titik Nol Yogyakarta merupakan lokasi strategis untuk belajar Sejarah Indonesia. Pada Jumat (29/7/2022) pukul 09.00 WIB sebanyak 30 siswa XI IPS 3 dengan 2 guru pendamping Muhamad Feni, S.Psi dan bapak Bagus Kurniawan, S.Pd hadiri  Vredeburg Fair 2022 untuk belajar Sejarah.

“Vredeburg Fair tahun 2022 kali ini dilaksanakan dalam berbagai kegiatan pameran museum, temporer, dongeng, GEMA, Podcats, dan teatrikal agar dapat menambah wawasan dan hiburan bagi masyarakat” sambutan Kepala Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Dalam Vredeburg Fair 2022 yang  bertema Bregas Gumregah   Bregas Gumregah memiliki arti tersendiri. Bergas berarti kuat, gagah dan gumregah artinya semangat bangkit setelah Pandemi Covid 19. Tema bangkit mengarah kepada situasi yang kondusif. Kegiatan yang dilaksanakan selama lima hari mulai tanggal 28 Juli sampai dengan 1 Agustus 2022 tersentral di Benteng Vredeburg.

Siswa MAN 2 Yogyakarta berkesempatan mengikuti sesi GEMA : Gerakan Belajar Bersama Museum (GEMA MUSEUM) bersama Museum Basuki Abdullah Jakarta.Dalam Vredeburg Fair 2022, Basoeki Abdullah pelukis legendaris yang menyerahkan lukisannya kepada pemerintah sekaligus rumah beliau untuk museum. Pada event VF 2022 sesuai tema museum Basoeki Abdullah menampilkan lukisan (repro)  judul Perubahan Kehidupan Dunia dan Lukisan Potret Hamengkubuwono IX.

Belajar bersama museum mampu meningkatkan kepekaan kelimuan dan nasionalisme. Selain itu dapat menggambarkan masa lampau dan masa kini dengan membangun suasana belajar yang menyenangkan.(rta)

Artikel yang Direkomendasikan