Persiapkan Akreditasi 2023 MAN 2 Yogyakarta adakan Pembekalan 

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Akreditasi berkala MAN 2 Yogyakarta akan dilaksanakan 2023. Akreditasi bertujuan untuk memberi jaminan kepada publik bahwa madrasah dapat menyediakan layanan pendidikan sesuai standar. Selain itu juga memberikan gambaran kinerja madrasah dalam pengembangan dan peningkatan mutu madrasah.

Bertempat di Aula lantai 3 MAN 2 Yogyakarta pada Jumat (29/7/2022) Guru pegawai MAN 2 Yogyakarta menimba informasi tentang instrumen akreditasi yang harus dipenuhi. “Peningkatan mutu diawali dengan disiplin kehadiran jarak tempat tinggal jauh dan dekat aturannya sama tidak boleh terlambat, selain itu guru wajib kompeten dalam bidang masing-masing dengan kinerja yang baik harapannya MAN 2 Yogyakarta dapat menjadi ikon d positif di masyarakat” sambutan kepala madrasah Drs. H. Mardi Santosa.

“Empat target mutu madrasah yakni mutu lulusan, mutu proses, sumber daya manusia dan manajemen madrasah yang harus disiapkan”ungkap Fajar Basuki Rahmat, S.Ag selaku wakil kepala urusan kurikulum MAN 2 Yogyakarta sekaligus moderator pembekalan akreditasi.  Penjaminan mutu pendidikan melalui akreditasi MAN 2 Yogyakarta diperkirakan pada tahun 2023 setelah pada tahun 2018.

Dipandu Fajar Basuki Rahmat, S.Ag  pembekalan akreditasi diberikan oleh Charisatuniswah, MPd diikuti seluruh guru dan pegawai di lingkungan MAN 2 Yogyakarta. Menurut Charisatuniswah indikator utama dalam akreditasi yang harus dipenuhi yaitu ijin operasional, pernah meluluskan siswa, alokasi waktu sesuai struktur  dan semua mata pelajaran sesuai kurikulum nasional. Bukti fisik akreditasi harus sesuai dengan instrumen akreditasi yang dibutuhkan dengan mengembangkan kompetensi siswa kompetensi 4C berdasar pembelajaran abad 21. Pengembangan 4C yakni kritis, kreatif, komunikatif dan kolabiratif menjadi ciri abad pembelajaran 21.

Menjadi madrasah bermutu sebuah keharusan, untuk kontribusi madrasah dalam membangun negeri. Madrasah Mandiri berprestasi adalah solusi.(rta)

Artikel yang Direkomendasikan