Tingkatkan Kemampuan Siswa berkomunikasi, MAN 2 Yogyakarta Gelar Pelatihan Public Speaking

Yogyakarta (MAN2YK) –Bertempat di GOR Mandaya, siswa kelas XI antusias mengikuti Pelatihan Public Speaking. Kegiatan berlangung kurang lebih 3 jam ini dilaksanakan pada Jumat, 29 Juli 2022.

Public Speaking atau kemampuan berbicara dapat diartikan sebagai keterampilan dan kemampuan dalam berbicara di depan banyak orang, dimana orang tersebut dapat menjelaskan atau mempresentasikan sesuatu secara mudah dipahami dan lancar. Pada dasarnya pengertian public speaking tidak sekedar berbicara. Butuh banyak aspek. Mulai dari aspek ilmu pengetahuan, kemampuan berbahasa dan kemampuan analitis kritis.

Hal yang tidak kalah penting, dalam public speaking juga harus diimbangi dengan kemampuan persuasif positif. Agar audience tertarik, termotivasi dan merasa hidup saat mendengarkan apa yang disampaikan.

Berawal dari keinginan untuk membekali siswa MAN 2 Yogyakarta, BK menyelenggarakan kegiatan pelatihan public speaking ini.

Beberapa manfaat mengapa kemampuan public speaking perlu diasah sejak sekarang juga adalah sebagai berikut : melatih percaya diri, menarik perhatian audiensi, meningkatkan kualitas diri dan mendukung karier, memiliki kekuatan lebih untuk memimpin.

Natarya Rahadyan B, S.Pd., M.Pd Dosen Universitas Teknologi Yogyakarta selaku pemateri

Adapun beberapa tips untuk melatih kemampuan public speaking, di antara lain:

  1. Menulis materi pidato dengan lengkap
  2. Membuat poin simpulan pada tiap paragraf atau materi
  3. Menuliskan kerangka yang berisi kata kunci setiap poin
  4. Memahami materi secara total (bukan menghafal)
  5. Baca materi tersebut dengan melatih intonasi dan tempo
  6. Bicara dengan menghadap cermin dan sesekali selipkan gestur yang mendukung

Kepala MAN 2 Yogyakarta Mardi Santosa dalam sambutanya juga menyampaikan pentingnya para siswa menguasai teknik public speaking ini. Salah satu teknik yang diulas Mardi adalah teknik komunikasi 5 jari. Teknik relaksasi lima jari merupakan salah satu terapi yang dapat menimbulkan efek relaksasi yang tinggi, sehingga akan mengurangi ketegangan dan stress dari pikiran seseorang. “ Nah, maka untuk mengurangi ketegangan selama siswa belajar tidak ada salahnya mempraktikkan teknik relaksasi 5 jari ini, supaya ketika nanti namanya dipanggil oleh bapak atau ibu guru untuk maju presentasi atau menjawab pertanyaan dapat lancar dan percaya diri, setuju?,” tantang Mardi yang disambut jawaban serentak setuju oleh siswa sambil bertepuk tangan.(Diw)

Artikel yang Direkomendasikan