Monitoring Simulasi AKMI di MAN 2 Yogyakarta oleh Dirjen Pendis Kemenag RI

Yogyakarta (MAN2YK) – Adi Mesya Tim Reviewer dan Koordinator dari Dirjen Pendis Kemenag RI melaksanakan monitoring Pelaksanaan Uji Validasi Instrumen AKMI pada Senin, 08 Agustus 2022 di MAN 2 Yogyakarta. Didampingi oleh Kepala Madrasah Mardi Santosa dan Waka Kurikulum Fajar Basuki Rahmat.

Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) merupakan penilaian kompetensi mendasar terhadap seluruh murid madrasah jenjang MI, MTs dan MA sebagai alat ukur untuk mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. Asesmen yang dilakukan dapat digunakan oleh guru untuk memperbaiki layanan pendidikan yang dibutuhkan siswa sebagai dasar untuk menyusun suatu rancangan pembelajaran.

Adi Mesya menjawab pertanyaan siswa terkait kendala teknis cara pengisian jawaban

Beberapa kendala yang dihadapi siswa disampaikan oleh pengawas ruang. “ Saat akan log in, siswa harus mengunggah foto ini menjadi kendala tersendiri, selain itu  karena browser yang digunakan oleh siswa bermacam-macam hal ini mengakibatkan ada yang langsung bisa mengakses namun juga ada yang kesulitan, ada juga pilihan siswa yang tidak tersedia, termasuk ketika ada arahan “ketik selesai” justru siswa harus mengulang mengerjakan dari awal, sehingga siswa stagnan di proses tersebut,” ungkap Surya, pengawas di ruang 7 (Multimedia).

Menanggapi laporan kendala teknis di lapangan, Adi menyampaikan “ Terima kasih atas laporannya dan hal ini akan saya sampaikan di tim agar nantinya kami dapat melakukan evaluasi dan juga perbaikan sistem,” jawabnya.

Simulasi AKMI yang dijadwalkan mulai pukul 07.10 sampai 09.00 menempati 9 ruang terdiri dari  Ruang 1 di kelas XII IPS 3, Ruang 2 di kelas XII IPS 2, Ruang 3 di kelas XI IPS 1, Ruang 4 di kelas X IIK, Ruang 5 di kelas XI IIK, Ruang 6 di kelas XII IIK, Ruang 7 di Lab Mulmed, Ruang 8 di Lab TIK, Ruang 9 di Broadcasting yang dikuti oleh seluruh siswa kelas XI.

Kepala madrasah Mardi Santosa menyampaikan pesan kepada seluruh peserta agar mengerjakan secara maksimal. “Bersyukurlah karena ditunjuk sebagai peserta simulasi, sehingga hasil yang dicapai nantinya akan dilaporkan dan akan menjadi acuan untuk pelaksanaan AKMI secara nasional, oleh karena itu silakan kerjakan dengan sungguh-sungguh,” pesan Mardi.(diw)

Artikel yang Direkomendasikan