Tingkatkan Kompetensi, Laboran MAN 2 Yogyakarta Ikuti Workshop

Yogyakarta (MAN2YK) – Bertempat di aula lantai 3 MAN 2 Yogyakarta, Kanwil Kemenag DIY menyelenggarakan Workshop Peningkatan Kompetensi Tenaga Laboran DIY Tahun 2022. Sejumlah 25 Peserta dari MA dan MTs se DIY tersebut mengikuti kegiatan pada Selasa, 23 Agustus 2022 jam 08. 00 – 15.00 WIB. Workshop ini bertujuan mengupgrade keahlian bagi para laboran madrasah dalam mengelola laboratorium.

Acara dimulai dengan registrasi peserta, pembukaan, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan dengan sambutan dari JFT Analisis SDM pada Seksi Tendik oleh Jauhar Mukhlis Salistyanta, S. Ag.

Dalam sambutannya pak jauhar memaparkan pentingnya tenaga laboran pada sebuah madrasah dan juga  kompetensi yang harus dimiliki laboran meliputi 3 kompetensi yaitu kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi administrasi.

Kegiatan dilanjutkan dengan acara inti atau materi tentang Sistem Laboratorium berbasis WEB yang disampaikan oleh Ir. Muhamad Ali, ST., M. T. dosen dan peneliti fakultas teknik UNY, dalam kesempatan ini pemateri menyampaikan tentang laboratorium sebagai ruang atau tempat siswa belajar melalui  kegiatan pengamatan, pengkajian, percobaan, pengukuran, pengujian dalam memahami konsep. Laboratorium berkualitas secara umum  memenuhi standar, dilakukan perbaikan secara terus menerus dan mampu memuaskan pelanggan. Salah satu perbaikan yang dilakukan dengan menerapkan sistem informasi laboratorium berbasis web, dalam hal ini penggunaan ICT merupakan suatu keharusan. Setelah jeda waktu Ishoma kegiatan dilanjutkan praktik manndiri menggunakan software XAMPP.

Laboran MAN 2 Yogyakarta Sri Purwati, M.Pd mengungkapkan rasa syukurnya mendapat kesempatan mengikuti kegiatan kali ini. “Bagi saya hal ini adalah sebagai salah satu langkah untuk terus mengupgrade kompetensi yang dapat menunjang ketugasan saya. Ilmu yang diperoleh sangat bermanfaat,” imbunya.(pur/diw)

Artikel yang Direkomendasikan