CM Armiftada MAN 2 Yogyakarta Selenggarakan Kajian Keputrian

Yogyakarta (MAN2YK)- : Mengusung tema Istiqomah Menjaga Kehormatan di Era Milenial, Corp Mubaligh (CM) Armiftada MAN 2 Yogyakarta gelar kajian khusus putri dengan narasumber Hj. Siti Alfiyah Zuriyah, Sabtu 17 September 2022 bertempat di masjid lantai 1 Miftakhul Huda.

Dalam kajiannya Ustadzah Zuriyah menyampaikan pentingnya untuk menjaga kehormatan, salah satu cara menjaga kehormatan adalah dengan cara tampil bersih dan rapi.

Mendalami tema dengan mengambil bagian thoha (kebersihan bagi wanita) kunci dari thoharoh yaitu bersih dari hadas, najis, seperti sudah di sunat (bagi laki-laki) , membersihkan kuku/memotong kuku yang sudah panjang.

Cara mensucikan dari najis atau hadas dengan air, bisa diganti juga apabila tidak ada air dengan pasir.

thaharah sifatnya zahir ( jahiriyah), thaharoh juga ada dari diri kita.

Anggota tubuh yang harus dibersihkan adalah seluruh bagian tubuh, thaharoh dari diri, hati atau batin.

“Allah Swt bisa membolak balikkan hati makhluknya, jadi kita sebagai hamba Allah harus sentiasa membersihkan hati dengan salah satunya, husnudzon (berbaik sangka), kalau kita memegang prinsip toharoh dalam kehidupan insya Allah kita sudah istiqomah menjaga kehormatan, Allah Maha Mengetahui, maka kita harus hati- hati atau sentiasa menjaga hati agar hati kita selalu bersih dari suudzon,” papar Zuriyah.

Kajian dengan ketua Arinda Rizki Mahesajati (kelas XI IIK) ini merupakan kegiatan dari program keagamaan dengan Kanit Program H. Riza Faozi, M.Si.

Hanif Latif, S.Pd.I selaku pendamping kegiatan mengapresiasi kinerja tim CM Armiftada dan berharap dapat dikembangkan lagi untuk media dakwah dan juga pembelajaran dalam berorganisasi dan menambah ilmu tentang agama.(diw)

Artikel yang Direkomendasikan