Aksi Bergizi Ajak Siswa MAN 2 Yogyakarta Sehat Bersama

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Bertempat di halaman belakang MAN 2 Yogyakarta, seluruh siswi kelas X beserta kader PMR dan PIK-R mengikuti rangkaian Gerakan Nasioanl Aksi Bergizi yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Melalui koordinator Puskesmas Ngampilan yang juga dihadiri oleh Dinas Kesehatan kota Yogyakarta serta Kemantren Ngampilan Endah Dwi Dinyastuti, S.E.,M.M kegiatan berjalan lancar meski sejak pagi diguyur hujan.

Kegiatan yang bertujuan untuk melawan stunting ini ditujukan bagi remaja putri. Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Maria Endang Sumiwi mengatakan, stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada balita karena asupan gizi yang tidak adekuat, infeksi berulang, dan kurangnya stimulasi. Dalam konferensi pers Gerakan Nasional Aksi Bergizi, yang disampaikan oleh Endang, Gerakan Aksi Bergizi adalah salah satu intervensi sebelum kelahiran, merupakan salah satu intervensi di dalam Perpres Nomor 72 Tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting dengan indikator remaja putri menerima atau mengonsumsi tablet tambah darah dengan target 90%.

Kepala Madrasah Drs. H. Mardi Santosa memberikan sambutan dan pengarahan

Pemahaman tentang kesehatan terutamanya pada remaja putri di MAN 2 Yogyakarta dilaksanakan Selasa (25/10/2022) dengan kegiatan sosialisasi terkait Kesehatan Reproduksi pada Remaja Putri dengan narasumber petugas kesehatan Puskesmas Ngampilan. Dilanjutkan dengan Aksi Bergizi pada Rabu (26/10/2022) secara kolaborasi luring dan daring. Kegiatan daring diikuti oleh peserta berbagai wilayah di Indonesia dengan total 43 propinsi.

Acara Aksi Bergizi diawali dengan mendengarkan paparan laporan kegiatan oleh Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat drg.Widyowati,M.K.M. secara daring. Disampaikan bahwa aksi ini dalam upaya membangun kesadaran berliterasi warga sekolah terkait gizi seimbang terutamanya untuk kaum remaja putri. Diakhir laporanya Widyowati mengajak seluruh elemen dapat menyukseskan Aksi Bergizi kali ini.

Acara dilanjutkan dengan sarapan, minum Tablet Tambah Darah secara serentak dan diakhiri dengan senam dan foto bersama.(diw)

Artikel yang Direkomendasikan