Sabun Cair Produksi MAN 2 Yogyakarta Membersihkan Lebih Cepat

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Terbuat dari Texapon, Sodium klorida, Foam booster , Asam karboksilat (asam cuka), EDTA, Pewarna, Parfum, Aquades Nuning Setianingsih, S.Si., M.Pd dan Sri Purwati, M.Pd berkolaborasi membuat sabun cari dalam rangka untuk mendukung kegiatan kewirausahaan madrasah. Kegiatan ini juga melibatkan siswa dengan durasi mengerjakan 1 jam dan pengendapan 24 jam.

Proses pembuatan sabun cair

Sabun cair ini selain berfungsi untuk mencuci piring juga dapat digunakan sebagai sabun cuci tangan bahkan untuk untuk mencuci kendaraan berupa motor maupun mobil. Nuning menyampaikan bahwa selama mengerjakan tidak ada kendala. Meskipun produk ini belum di daftarkan sebagai hak paten, ada rencana bahwa ke depan produk ini akan didaftarkan agar mendapat hak paten.

“Produk sabun cair merupakan salah satu praktek pembelajaran kimia dan praktek kewirausahaan untuk membuat dan memasarkan produk. Diharapkan pembuatan sabun cair bisa menjadi ide pembuatan produk-produk lain yang bermanfaat. Peserta didik diharapkan tidak sekedar mempelajari materi secara teori saja tetapi dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari,” jelas Nuning.

Sebagai implementasi praktik kewirausahaan maka produk ini ditawarkan di kalangan intern dan banyak diminati oleh warga madrasah, terbukti dengan banyaknya warga madrasah yang membeli terutamanya para ibu guru dan tenaga kependidikan.

Kepala Madrasah Drs. H. Mardi Santosa sangat mengapresiasi capaian ini dan berharap agar hal ini dapat ditiru oleh bapak ibu guru lainnya dalam mengaplikasikan teori dalam proses pembelajaran. “Semoga tidak hanya mata pelajaran kimia yang dapat berkolaborasi dengan pengembangan praktik kewirausahaan, namun mata pelajaran lain juga dapat berinovasi,” tambah Mardi.(diw)

Artikel yang Direkomendasikan